Connect with us

Travel

Hamparan Langit Biru Bukit Holbung

Published

on

Pemandangan Bukit Holbung (dok.pribadi/Queen S)

Geosiar.com, Samosir – Negeri Indah Kepingan Surga merupakan julukan yang digunakan untuk menamai Kabupaten Samosir yang terletak di tengah Danau Toba. Danau Toba tidak hanya memancarkan sinar keindahan alam tetapi menyuguhkan kepuasan dahaga yang haus akan keindahan alam.

Danau Toba merupakan danau terluas di Indonesia, Asia Tenggara, dan yang terluas kedua di dunia, setelah Danau Victoria di benua Afrika. Itulah sebabnya, jika danau seluas ini dimiliki oleh tujuh Kabupaten yang mengitarinya. Danau yang sangat istimewa ini dikelilingi bukit-bukit hijau yang sangat menawan untuk memanjakan kornea mata. Tak heran jika Danau Toba menjadi surga utama yang dapat dinikmati dari sudut manapun.

Banyak cara untuk menikmati keindahan danau Toba. Namun juga masih terdapat spot lain yang tak kala indah yang dapat dinikmati di sekitaran Danau Toba. Salah satunya adalah Bukit Holbung yang terletak di Desa Janji Martahan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Pemandangan indah langit biru dengan rumput hijau nan luas dibalut eloknya pengunungan mengelilingi bukit Holbung. Hijaunya rerumputan yang menghampar menghadap ke Danau, membuat suasana hati sejuk penuh nikmat memandang eloknya Danau Toba dari Bukit Tinggi ini.

Birunya langit di angkasa biru yang tak ingin lepas dari tatapan mata setiap pengunjung, kepuasaan untuk menikmati keindahan alamnya tercipta pada saat sampai di puncak tertinggi bukit holbung.

Tempat ini cocok digunakan sebagai tempat kemah dan refreshing. Banyak pemandangan yang dapat dinikmati dari Bukit Holbung. Hamparan danau yang luas, bukit-bukit yang menghadap ke danau.

Tak perlu tenaga ekstra untuk sampai di Puncak, hanya butuh waktu kurang lebih ½ jam. Kita hanya akan dikenakan biaya parkir untuk sepeda motor Rp.5000 per motor.

Berkunjung ke tempat ini lebih baik menggunakan sepeda motor, dikarenakan jalan menuju ke Bukit Holbung masih jalan berbatu. Tapi tidak akan sia-sia berkunjung ke tempat ini dan tidak akan kecewa, karena dengan mendaki bukit akan suguhan ilalang dan rerumputan yag tertiup angin serta refleksi awan yang terlihat di perairan Danau Toba akan mengahapus lelah dalam sejekap.

Bukit holbung merupakan salah satu keindahan alam Indonesia dari Sumatera Utara. Banyak  pemandangan luar biasa tersuguhkan bagi setiap pengunjung di tempat ini. (qkhs)