Connect with us

Daerah

Minyak Tumpah di Teluk Balikpapan, Pertamina Turun Langsung Membersihkan

Published

on

Dirut Pertamina ikut membersihkan tumpahan minyak di teluk Balikpapan, Kalimantan. (kumparan.com)

Geosiar.com, Balikpapan – Pertamina kini mulai membersihkan tumpahan minyak di teluk Balikpapan, Kalimantan Timur yang sangat mengganggu lingkungan. Diduga hal ini terjadi akibat patahnya pipa milik Pertamina.

“Kami berjanji dan berusaha sekuat tenaga agar dampak musibah ini dapat segera teratasi khususnya dampak terhadap lingkungan dan masyarakat,” kata Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik dalam keterangannya, Kamis (12/4).

Elia mengatakan pada pemulihan kondisi lingkungan masyarakat terdampak dengan mengedepankan aspek health, safety, dan environment. Kegiatan kebersihan ini dilaksanakan di Kampung Atas Air, Margasari, Balikpapan Barat, Balikpapan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang berbesar hati bersama Pertamina saling membantu dalam menangani musibah ini,” imbuh dia.

Selain melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan, Elia juga meninjau rencana pembangunan tempat ibadah, posyandu, dan sarana olahraga untuk masyarakat. Selain itu, sejumlah kegiatan sosial bagi warga yang terdampak limbah minyak juga terus dilakukan.

Kegiatan sosial dan lingkungan yang dilakukan di Margasari, Damai, Kampung Baru Tengah, Kampung Baru Ulu, Karianggau, dan Penajam mencakup pendirian posko kesehatan, pembagian masker, program bersih-bersih lingkungan, dan pemberian bantuan maupun santunan.

“Di samping kegiatan peduli lingkungan, Pertamina juga memastikan aspek safety di lingkungan warga dengan melakukan pengetesan kondisi udara secara berkala,” ucap dia.

Elia juga menyempatkan diri berkunjung ke rumah Imam, di Kelurahan Baru Ilir Balikpapan. Imam merupakan salah satu korban tewas akibat kebakaran yang terjadi karena tumpahan minyak.

“Kami datang dengan kerendahan hati ingin mengucapkan secara langsung rasa keprihatinan kami atas musibah ini dan tanggung jawab kami untuk keluarga korban akan kami penuhi,” ungkapnya.

Berbagai bantuan terus diberikan kepada warga terdampak limbah. Elia memastikan proses investigasi patahnya pipa Pertamina masih terus dilakukan. (yl)