Connect with us

Politik

PDI P Targetkan 12 Kursi di DPRD Medan Pileg 2019 Mendatang

Published

on

Medan, Geosiar.com – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Medan, Hasyim SE (foto) menargetkan 12 kursi di DPRD Medan pada Pemilu legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Target 12 kursi tersebut diyakini dapat tercapai mengingat partai lambang Banteng moncong putih itu memiliki kader-kader militan termasuk para wakil rakyat juga sudah memiliki basis masing-masing.

”Jadi tidak ada yang perlu dipersoalkan lagi, seluruhnya siap bekerja baik kader mulai dari tingkat ranting hingga tingkat kecamatan, termasuk para anggota legislatif kita, seluruh mesin partai kekuatan bisa berjalan,” katanya kepada wartawan, Rabu, (11/4/2018) menyikapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang perubahan  nomor pada Dapil (Daerah Pemilihan) untuk DPRD Medan.

Dikatakan, ketetapan KPU tersebut tidak masalah bagi partai yang dipimpinya. ”Bagi PDI Perjuangan itu tidak masalah karena hanya nomor saja yang berubah, tapi kalau untuk daerah pemilihan (Dapil-red) tidak berubah. Dan jumlah Kecamatan di setiap Dapil tidak berubah. Kalau ada perubahan jumlah kursi disalah satu Dapil itu hal biasa, biasanya itu terjadi karena ada kenaikan jumlah penduduk,” ucapnya.

Ia mengatakan untuk meraih itu seluruhnya partai yang memiliki slogan sebagai partai “wong cilik” itu akan membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg,red) tidak hanya kader, tapi kalangan profesional hingga tokoh masyarakat.

“Ini era zaman now, maka PDI Perjuangan juga mengarah kepada era zaman now mengikuti keinginan para kaum milineal, maka kami membuka pendaftaran bagi bacaleg  yang akan disampaikan ke publik setelah ada keputusan DPP PDI Perjuangan.

“Kami akan menerima bacaleg dari kalangan profesional dan tokoh masyarakat yang memiliki keinginan untuk  melakukan perubahan bagi masyarakat dengan ditambah  para anggota legislatif kita, maka kita bisa meraih ungul di Kota Medan dari awalnya 9 kursi menjadi 12 kursi,” harap Hasyim.

Seperti diketahui KPU RI mengeluarkan surat keputusan No 265/2018 tentang Dapil pemilihan anggota DPRD Provinsi Sumut dan anggota DPRD kabupaten/kota se Sumut.

Untuk Kota Medan, Dapil I meliputi 4 kecamatan, yakni ; Medan Barat, Medan Baru, Medan Helvetia, Medan Petisah dengan alokasi 8 kursi. Wilayah ini semula Dapil III di Pemilu 2014.

Dapil II meliputi 4 Kecamatan, yakni ; Medan Belawan, Medan Deli, Medan Labuhan dan Medan Marelan dengan 12 kursi. Wilayah ini semula Dapil V di Pemilu 2014.

Dapil III memiliki alokasi 8 kursi yang meliputi 3 kecamatan, yakni ; Medan Perjuangan, Medan Tembung, Medan Timur. Wilayah ini semula Dapil IV di Pemilu 2014.

Dapil IV mendapat alokasi 10 kursi yang meliputi 4 kecamatan, yakni ; Medan Amplas, Medan Area, Medan Denai dan Medan Kota.Wilayah ini semula Dapil I di Pemilu 2014.

Dapil V mendapat alokasi 12 kursi yang terdiri dari 6 kecamatan, yakni ; Medan Johor, Medan Maimun, Medan Polonia, Medan Selayang, Medan Sunggal, serta Medan Tuntungan.Wilayah ini semula Dapil II. (lamru)