Connect with us

Nasional

KPK Periksa Gatot Pujo Nugroho dan 10 Saksi Hari Ini

Published

on

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah. (kompas.com)

Geosiar.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho pada hari ini, Rabu (11/4/2018).

Di samping itu, KPK juga memanggil enam anggota DPRD Sumatera Utara, yakni Muhammad Afan, Budiman Pardamean Nadapdap, Guntur Manurung, Bustami HS, Zulkifli Husein, dan Parluhutan Siregar, serta mantan Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sumut 2014-2015, Saleh Bangun dan sejumlah mantan Wakil Ketua DPRD Sumut 2009-2014, yakni Kamaluddin Harahap, Choidir Ritonga, dan Sigit Pramono Asri.

“Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka FST (Ferry Suando Tanuray Kaban),” ungkap Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu.

Ditetapkannya 38 anggota DPRD tersebut  sebagai tersangka merupakan hasil pengembangan yang dilakukan KPK. Sebelumnya, KPK sudah memproses lebih dulu 12 unsur pimpinan dan anggota DPRD Sumut. Ferry merupakan salah satu dari 38 anggota DPRD Sumut  menjadi tersangka.

Ke-12 anggota DPRD Sumut itu telah divonis Pengadilan Tipikor Medan dengan masa tahanan rata-rata 4 sampai 6 tahun penjara.

Sementara suap untuk 38 anggota DPRD Sumut tersebut terkait persetujuan laporan pertanggungjawaban Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk Tahun Anggaran 2012-2014 oleh DPRD sumut, Persetujuan Perubahan APBD Provinsi Sumut Tahun 2013-2014 oleh DPRD Sumut. Kemudian terkait pengesahan APBD tahun anggaran 2014-2015 dan penolakan penggunaan hak interpelasi anggota DPRD Sumut pada 2015.

Para anggota dewan itu diduga menerima suap berupa hadiah atau janji dari Gatot Pujo Nugroho, dengan kisaran Rp 300 juta sampai Rp 350 juta. (yl)