Connect with us

Nasional

Ketua DPP Golkar: Partai Golkar Tetap Dukung Pilkada Langsung

Published

on

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Zainudin Amali. (NusantaraNews)

Gesosiar.com,Jakarta – Terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Zainudin Amali menegaskan bahwa sikap partainya tidak berubah.

Amali mengakui belum ada keputusan untuk mewacanakan pengembalian pemilihan kepala daerah ke DPRD sejak Golkar dipimpin oleh Aburizal Bakrie.

“Hingga hari ini posisi Golkar mendukung pilkada langsung. Itu yang dikatakan Pak Ical (AburIzal Bakrie) waktu itu. Tidak ada perubahan dalam munas (musyawarah nasional) maupun rapim (rapat pimpinan). Golkar tetap meyakini pilkada langsung itu lebih baik,” kata Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (11/4/2018).

Amali memastikan Golkar tidak mendukung wacana pengembalian pilkada melalui DPRD lewat revisi Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Dia juga mengungkapkan Golkar tidak mengubah sikapnya dalam rapat pleno terakhir yang dipimpin oleh Airlangga Hartarto.

“Kalau di internal partai dalam rapat pleno terakhir tidak ada yang menyampaikan. Sudah sering saya katakana, saya mendukung pilkada langsung, tidak ada teguran dari partai,” tegas Ketua Komisi II itu.

“Sepengetahuan saya sikap partai belum pernah berubah,” lanjut Amali.

Di samping itu, Amali juga tidak mau berkomentar soal pernyataan Ketua DPR sekaligus politisi Golkar Bambang Soesatyo yang pernah mengusulkan perubahan sistem pemilihan kepala daerah, dari pemilihan langsung menjadi pemilihan melalui DPRD.

Amali mengatakan, Bambang memiliki hak untuk mengutarakan aspirasinya.

“Orang berpendapat tidak boleh dilarang ya. Enggak apa-apa kalau ada pendapat berbeda, tidak boleh ditentang,” kata Amali. (yl)