Connect with us

Lifestyle

Dapatkan Gigi Putih Bersih dengan Menghindari Kebiasaan ini

Published

on

Gigi Putih Bersih (HaloSehatku.com)

Medan, Geosiar.com – Warna gigi yang menguning tentu dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, karena gigi putih merupakan kunci dari tampilan senyum yang indah. Kita sering tidak menyadari, ternyata, banyak kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kesehatan mulut memburuk dan membuat tampilan gigi menjadi kuning. Nah, jika kamu sedang berupaya memutihkan gigi, pastikan untuk menghindari kebiasaan berikut, ya!

1. Merokok dan Minum Kopi

Selain berdampak buruk terhadap kesehatan, merokok juga dapat menyebabkan kesehatan mulut memburuk. Kandungan tembakau pada rokok dapat menodai gigi kamu. Jika terus dilakukan, warna gigi akan semakin gelap. Selain rokok, kebiasaan mengonsumsi kopi juga dapat menjadi salah satu penyebab upaya memutihkan gigi menjadi gagal. Karena kopi termasuk dalam salah satu minuman yang dapat meninggalkan noda pada gigi dan membuat gigi menjadi semakin kuningTerlalu Sering Menggunakan Mouthwash

2. Menggunakan mouthwash

sebenarnya merupakan hal yang baik karena mampu mengangkat kuman hingga ke sela-sela gigi. Namun perlu diingat, bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Penggunaan mouthwash yang terlalu sering justru dapat memberi efek buruk dan membuat gigi menguning akibat rusaknya enamel gigi. Hal ini juga dapat semakin parah jika mouthwash yang kamu gunakan bersifat terlalu asam.

3. Menggosok Gigi Terlalu Kuat

Menggosok gigi secara teratur merupakan cara terbaik untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Namun, hanya sekadar menggosok gigi saja tidaklah cukup. kamu juga harus memperhatikan cara menggosok gigi yang baik. Salah satu hal yang perlu dihindari adalah menggosok gigi dengan tekanan yang terlalu kuat. Karena hal ini dapat mengakibatkan lapisan enamel gigi menipis dan lapisan dentin gigi yang berwarna kuning menjadi terekspos.

4. Tidak Menjaga Kebersihan Gigi dengan Baik

Cara terbaik untuk menjaga agar gigi putih berseri adalah dengan menjaga kesehatan mulut itu sendiri. Tidak cukup hanya dengan menggosok gigi sebanyak 2 kali sehari, kamu juga perlu menyempurnakannya dengan berkumur menggunakan mouthwash dan rajin melakukan flossing. Jika kebiasaan tersebut tidak dilakukan secara konsisten, plak akan menumpuk pada gigi dan lapisan bakteri ini dapat membuat gigi menjadi semakin kuning.

5. Mengonsumsi Makanan yang Bersifat Asam

Selain asam dari obat kumur, zat asam yang terkandung dalam makanan juga membuat upaya memutihkan gigi menjadi tidak maksimal, karena akan merusak enamel gigi. Beberapa contoh makanan dan minuman yang dapat menyebabkan hal ini adalah buah citrus, tomat, nanas, cuka, red wine, atau minuman bersoda. Bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi makanan tersebut sama sekali. Hanya saja, ada baiknya untuk membatasi jumlahnya dan jangan lupa untuk segera minum air putih setelah mengonsumsi makanan dan minuman tersebut.