Connect with us

Dunia

Sepertiga Milenial di AS Meyakini Teori Bumi Datar

Published

on

Ilustrasi bumi datar.

Geosiar.com, Washington DC – Sebuah survei nasional terbaru Amerika Serikat mengungkap hal yang mengejutkan, terutama bagi para ilmuwan. Karena berdasarkan survei tersebut, warga dengan usia 18 hingga 24 tahun hanya 66 persen yang yakin bahwa bumi itu bulat. Dengan kata lain sepertiga milenial mempertimbangkan soal bumi datar.

Tetapi, penemuan tersebut tak langung menunjukkan “epidemi” bumi datar atau flat earth. Karena hanya 4 persen dari keseluruhan yang yakin bahwa bumi itu datar.

Dikutip dari Live Science, Senin (9/4/2018), sembilan persen dari mereka percaya bahwa bumi bulat, namun akhir-akhir ini merasa ragu. Sementara itu, 5 persen lainnya mengatakan bahwa mereka selalu percaya bahwa bumi bulat, tapi ragu akan kesimpulan itu dan 16 sisanya tak yakin.

Sulit untuk menentukan secara tepat berapa banyak kaum bumi datar. Namun, konferensi Flat Earth pertama kali gelar di Amerika Serikat pada 2017 dan menarik perhatian 500 orang.

Survei nasional terbaru yang dilakukan YouGov, menyurvei sekitar 8.125 warga dan hasilnya kemudian ditimbang untuk mewakili susunan demografi populasi AS.

Sebagai perbandingan, 94 persen mereka yang berusia 55 tahun dan lebih tua meyakini bahwa bumi bulat. Sementara itu usia 45-54 tahun sebesar 85 persen, 35-44 tahun 82 persen, dan 25-34 tahun 76 persen.

Teori Bumi Datar tercetus sekitar Abad ke-19. Namun, akhir-akhir ini mendapat sorotan, terutama karena pengaruh media sosial. (yl)