Connect with us

Nasional

PAN Pecat Zumi Zola Usai Ditahan KPK

Published

on

Gubernur Jambi, Zumi Zola. (merdeka.com)

Geosiar.com, Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) memecat Gubernur Jambi, Zumi Zola dipecat usai ditahan KPK karena kasus dugaan penerimaan gratifikasi. Hal itu diucapkan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

“Otomatis dipecat,” ucap Zulkifli di Jakarta Selatan, Senin (9/4/2018).

Dia pun menegaskan kepada seluruh kader PAN untuk mematuhi aturan hukum. Zulkifli meminta jangan sampai ada kader PAN terkena kasus korupsi.

“Seluruh kader saya perintahkan untuk taat hukum, taat aturan. Jangan main-main soal korupsi,” ucap Ketua MPR itu.

Zulkifli ingin agar kader PAN dapat mengambil pelajaran dari kasus Zumi Zola. Dia tidak ingin kasus tersebut terjadi kepada kader PAN lainnya.

“Terkait Zumi Zola tadi. Tentu kita semua prihatin. Sekali lagi, ini pelajaran penting, tidak boleh terulang lagi,” ucap Zulkifli.

Zumi Zola ditahan KPK setelah diperiksa lebih dari enam jam. Tersangka kasus gratifikasi itu ditahan untuk 20 hari pertama di Rutan Cabang KPK, kaveling C-1.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, penyidik masih memeriksa bukti-bukti hasil penggeledahan pada Operasi Tangkap Tangan (OTT) sebelumnya.

“Kami cross check agar semakin utuh memetakan gratifikasi yang diperoleh tersangka,” kata Febri di Gedung KPK Jakarta, Senin (9/4/2018).

Febri menuturkan Zumi diduga menerima ‘jatah’ dari memuluskan proyek-proyek di Jambi selama menjabat. Menurut dia, hingga saat ini 38 saksi telah diperiksa dalam perkara korupsi pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Jambi 2018. (yl)