Connect with us

Dunia

Rusia Tuduh Israel Menyerang Pangkalan Udara Suriah

Published

on

Jet Tempur Israel. (Ilustrasi)

Geosiar.com, Suriah – Dini hari tadi, pangkalan udara militer Suriah diserang rudal. Serangan itu mengakibatkan 14 orang tewas termasuk di antaranya pasukan tentara Iran.

Kabar tersebut pertama kali disampaikan oleh kantor berita pemerintah, SANA. SANA melaporkan beberapa rudal telah diluncurkan dan menghantam bandara Tayfur T-4 di Kota Homs.

Sebelumnya SANA menuduh Amerika Serikat yang melakukan serangan tersebut. Tapi  kemudian klaim tersebut ditarik kembali. Pentagon pun dengan tegas menyatakan bahwa AS tidak melakukan serangan apapun ke Suriah ‘untuk saat ini’.

“Untuk sekarang, Departemen Pertahanan tidak sedang melakukan serangan udara ke Suriah.

Namun kami terus memantau situasi di sana dan mendukung upaya diplomatik yang sedang dilakukan untuk menghentikan mereka menggunakan senjata kimia,” demikian pernyataan Pentagon.

Bersamaan dengan pernyataan itu, militer Rusia mengatakan bahwa dua pesawat perang F-15 milik Israel melakukan pendaratan di pangkalan udara Suriah pada Minggu (8/4/2018).

Kementerian Pertahanan Rusia juga menyampaikan bahwa pesawat perang Israel telah melakukan serangan udara dari Libanon. Sistem pertahanan udara Suriah juga telah menembak jatuh lima dari delapan rudal yang ditembakkan. (yl)