Connect with us

Kesehatan

Cintai Ginjal Anda dengan Meninggalkan Kebiasaan ini

Published

on

Ilustrasi (Liputan6.com)

Geosiar.com, Berita Kesehatan – Ginjal adalah organ dalam tubuh yang sangat berfungsi bagi manusia. Fungsi ginjal diantaranya sebagai penyaring partikel kotor di darah dan membentuk urine. Karena urine merupakan hasil ekskresi dari penyaringan ginjal.

Selain itu, fungsi ginjal juga sebagai pengatur tekanan darah dan tingkat garam dan darah. Ginjal juga berperan dalam memantau dan mengendalikan keseimbangan air di dalam tubuh.

Ginjal merupakan organ manusia yang sensitif karena ginjal juga sebagai pengolah limbah atau racun di dalam tubuh kita.

Kebiasaan yang kita lakukan rutin setiap hari juga bisa mendorong kerusakan ginjal. Kebiasaan yang dimaksud dan penjelasannya adalah berikut:

1. Rutin Minum Minuman Berenergi

Tanpa kita sadari, minuman berenergi sebenarnya berbahaya untuk tubuh kita jika dikonsumsi berlebihan. Selain minuman berenergi, minuman berkafein, soda dan teh yang dikonsumsi dalam jumlah banyak juga membahayakan ginjal. Oleh sebab itu, utamakan minum air mineral. Air mineral sangat baik untuk ginjal karena menjaga cairan tubuh tetap seimbang.

2. Sering Begadang

Begadang dapat merusak tekanan darah dalam tubuh. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang sangat erat kaitannya dengan tekanan darah.

Kebiasaan begadang merupakan kebiasaan buruk yaang harus dihindari untuk kebaikan ginjal kita.

3. Menahan Buang Air

Mungkin bagi sebagian kita memganggap sepele hal ini, padahal kebiasaan menahan buang air besar atau kecil harus dihindari karena dapat merusak ginjal.

Menahan buang air artinya menahan bakteri dan sel kotor dalam tubuh dalam waktu yang lama, bakteri tertahan di kandung kemih yang berpotensi membuat bakteri berkembang biak lebih banyak sehingga nantinya masuk ke ginjal dan merusaknya.

Oleh sebab itu, tinggalkan kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari merusak organ penting dalam tubuh kita. Rajinlah menjaga gaya hidup dan berolahraga. (Tees)