Connect with us

Dunia

Pemerintah Austria Larang Hijab Untuk Anak TK dan SD

Published

on

Anak-anak menggunakan hijab. (mediasulsel.com)

Geosiar.com, Wina – Pemerintah Austria mengumumkan rencana larangan penggunaan kerudung oleh anak-anak TK dan SD. Larangan bertujuan untuk melawan infiltrasi oleh sebagian Muslim ke dalam budaya utama Austria.

Dikabarkan ini adalah gagasan dari Kanselir Austria Sebastian Kurz yang sejak kampanyenya dengan Partai Kebebasan (FPO) selalu mendengungkan isu anti-Islam dan imigran, Rabu (4/4/2018).

Menteri Pendidikan Austria Heinz Fassmann mengatakan bahwa RUU larangan berhijab bagi anak-anak akan rampung pada musim panas tahun ini.

Menurutnya, pelarangan hijab diterapkan agar umat Islam yang berjumlah 700 ribu orang dari 8,75 juta populasi Austria membaur dengan masyarakat.

“Tujuan kami untuk mencegah terbentuknya masyarakat yang paralel di Austria. Anak-anak gadis mengenakan kerudung di TK atau SD jelas adalah bagian dari itu,” kata Kurz dalam wawancara dengan radio ORF, seperti dikutip Reuters.

Untuk menerapkan peraturan ini, pemerintah harus mendapatkan persetujuan dari dua pertiga mayoritas anggota parlemen dalam voting.

Sebelumnya Kurz juga telah melarang penggunaan cadar bagi Muslimah di Austria, sementara hijab masih diperbolehkan. Namun rencana itu dibatalkan setelah muncul perdebatan tentang simbol keagamaan lain di sekolah-sekolah Austria, seperti kayu salib yang masih terpampang di kelas-kelas. (yl)