Connect with us

Politik

Hasyim : PDI P Siap Garda Terdepan Bela Pedagang

Published

on

Medan, Geosiar.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Medan menyatakan agar Pemerintah Kota ( Pemko)Medan untuk menghentikan tindakan pengusuran kepada para pedagang yang berjualan di pasar. Larangan penggusuran itu termasuk bagi pedagang pasar Muara Takus Kel Madras Kec Medan Polonia.

Hal itu disampaikan Ketua Fraksi PDI P DPRD Kota Medan Hasyim,SE (foto) kepada wartawan, Rabu (4/4/2018). Disebutkan dengan alasan apa pun tindakan penggusuran tidak boleh dilakukan.” Kita berharap Pemko Medan agar jangan lagi melakukan tindakan pengusuran dengan dalih apa pun. Sudah cukup banyak pedagang menderita akibat tindakan pengusuran,”ucapnya.

Berbagai pengusuran terjadi kata Hasyim dengan dalih pembenahan pasar, tapi yang merasakan derita justru pedagang. “Mari kita data mulai dari Pasar Kampung Lalang, Marelan dan lainya hingga pasar Muara Takus, seluruh berdalih pembenahan pasar atau bahasa kerennya revitalisasi.Tapi, kembali lihat kenyataan yang jadi korban justru pedagang,” katanya.

Atas dasar itu, kata Ketua DPC PDI Perjuaangan ini pihaknya berharap Pemko Medan dapat berpihak kepada pedagang, bukan berpihak kepada pengembang.” Jadi Pemko Medan kita tegaskan jangan berpihak kepada pemodal, tapi berpihak kepada pedagabg sebagai bagian dari rakyatnya.Termasuk persoalan pasar Muara Takus jangan lagi tindakan kepasa pedagang jika ini terjadi kami nyatakan secara tegas kami siap berada di garda terdepan membela pedagang,”tegas Hasyim.

Ia mengatakan rencana Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk melakukan revitalisasi pasar tradisional Muara Takus yang dianggarkan sebesar Rp16 Miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Medan tahun 2018  secara tegas menyebutkan revitalisasi pasar tersebut tidak layak.

“Revitalisasi pasar Muara Takus dinilai tidak layak. Itu berdasarkan penilaian tim dari pusat pada tahun 2016. Sebab, temuan saat itu, pasar Muara Takus berubah fungsi dijadikan tempat kos kos- kosan. Kita pun heran kenapa Pemko Medan “ngotot” hendak membangun pasar Muara Takus. Padahal banyak pasar di Medan yang kumuh berdampak kemacetan dan merusak keindahan kota. Tentu itu duluan yang harus diprioritaskan, ” kata Hasyim seraya menghimbau pedagang untuk segera melaporkan hal itu kepada Fraksi PDI Perjuangan DPRD Medan. (lamru)