Connect with us

Nasional

Hendrik H Sitompul Dorong Usaha Pemerintah Menurunkan Biaya Logistik Pelabuhan

Published

on

Ketua DPD GPEI Sumut Henrik H Sitompul Pimpim Rapat Koordinasi GPEI bersama Otoritas Pelabuhan Belawan dan Stakeholder Lainnya beberapa waktu yang lalu.

Geosiar.com, Medan – Ketua DPD Gabungan Pengusaha Eksport Indonesia Sumatera Utara (GPEI Sumut), Drs Hendrik H Sitompul, MM memberikan dorongan atas usaha pemerintah pusat dalam menurunkan biaya logistik pelabuhan yang harus dikeluarkan pengusaha Eksport maupun Import.

Hendrik H Sitompul, menyampaikan dorongannya kepada pemerintah ketika pihak GPEI sumut diundang oleh Kementerian Koordinator bidang Kamaritiman terkait Survey Biaya Logistik Pelabuhan di belawan Selasa (3/4/2018) di Gedung Pelindo I Cabang Belawan.

Hendrik mengatakan, bahwa pihaknya diundang oleh Kemenko Maritim sebagai salah satu stakeholder pelabuhan belawan untuk dimintai informasi dan data untuk kebutuhan survey biaya logistik pelabuhan.

Tujuan survey ini untuk mengetahui komponen kompenen biaya yang harus dikeluarkan oleh importir dan eksportir ketika melakukan usaha ekspor-import, sehingga nantinya dari hasil survey itu pemerintah dapat mengambil kebijakan agar biaya logistik pelabuhan dapat ditekan serendah mungkin.

“Kita patut mendorong pemerintah agar senatiasa memberikan kemudahan kemudahan kepada pelaku bisnis agar ekonomi cepat tumbuh” Ujar Hendrik ketika dihubungi oleh geosiar.com

Khusus usaha pemerintah menurunkan biaya logistik, GPEI Sumut memberikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat karena dengan turunnya biaya logistik pelabuham maka harga komoditas eksport import dapat lebih bersaing di pasaran.

“Kita apresiasi usaha pemerintah untuk menekan biaya logistik pelabuhan serendah mungkin, karena dengan demikian harga komiditi juga dapat lebih bersaing” ujar Hendrik

Hendrik menambahkan Biaya ekspor yang mahal tentu akan memaksa para eksportir membeli komodoti ekspor lebih murah agar masih bisa dapat untung.

“Dengan biaya logistik pelabuhan yang rendah, tentu eksportir tidak akan kuatir bila membeli komoditas eksport lebih mahal” tambah Alumni Lemhanas ini.

Demikian juga halnya dengan komodiata import, dengan murahnya biaya logistik pelabuhan maka baramg barang import juga dapat dibeli oleh masyarakat dengan harga terjangkau.

Hendrik Situmpul menambahkan GPEI sumut siap membantu usaha usaha pemerintah untuk meningkatkan iklim usaha di Sumatera Utara khususnya bidang ekspor.

Hendrik mengarapkan usaha pemerintah untuk menekan biaya logistik pelabuhan semurah mungkin dapat secepatnya terlaksana, agar pertumbuhan ekonomo dapat bertumbuh dengan baik.

“GPEI Sumut siap menjadi mitra strategis dan taktis pemerintah bila hal itu baik dan menjadi mitra kritis konstruktif guna kebaikan kita bersama” pungkas Hendrik.