Connect with us

Nasional

Bambang Wuryanto Jalani Pemeriksaan KPK

Published

on

Sekretaris Fraksi PDIP DPR, Bambang Wuryanto

Jakarta-GeoSiar.com, Jurubicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah membenarkan pemeriksaan terhadap Sekretaris Fraksi PDIP DPR, Bambang Wuryanto terkait kasus tindak pidana korupsi pemberian hadiah terkait proyek di Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun Anggaran 2016.

Febri mengungkapkan bahwa pria yang acap kali disapa Bambang akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Rudy Erawan.

“Untuk tersangka RE dalam kasus PUPR,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, pada Selasa (3/4).

Akhir Januari lalu, Rudy ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pada proyek Kementerian PUPR tahun 2016.Besaran suap yang diterima Rudy sebesar Rp 6,2 miliar. KPK menduga pemberian itu untuk menggerakkan Rudy agar tak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya.

Rudy juga diduga menerima gratifikasi yang berhubungan dengan jabatannya dan berlawanan dengan kewajiban dan tugasnya. Olehkarena itu, Rudy disangka melangggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau pasal 12B atau Pasal 11 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

Rudy kemudian dijebloskan ke balik jeruji pada Senin, 12 Februari lalu. Ia diduga menerima suap sebesar Rp 6,3 miliar dari mantan Kepala Balai Pelaksana Jalan n (BPJN) IX Maluku dan Maluku Utara Amran HI Mustary. (rml/r1)