Connect with us

Nasional

Gatot Nurmantyo: Mulai Hari Ini Saya Punya Hak Memilih dan Dipilih

Published

on

Mantan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. (merdeka.com)

Geosiar.com, Jakarta – Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena telah memberikan kepercayaan terhadap dirinya dalam memimpin TNI.

Ia mengatakan dapat menunaikan tugas terakhir menjadi Panglima TNI sudah membuat dirinya bersyukur.

“Terima kasih kepada Presiden RI Bapak Joko Widodo sebagai pimpinan yang baik dan memberi kepercayaan kepada saya,” kata Gatot dalam siaran pers, Minggu (1/4/2018).

Sebagai purnawirawan, Gatot mempunyai kesempatan yang sama dengan warga sipil lainnya. Oleh sebab itu, ia menyatakan banyak bidang pengabdian baginya selepas pensiun yang bisa dikerjakan.

“Mulai hari ini saya memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai anak bangsa, anggota masyarakat sipil dan warga negara RI lainnya, termasuk untuk memiliki hak memilih, juga hak dipilih saat pemilu mendatang,” kata Gatot melalui keterangan tertulis, Minggu (1/4/2018).

Ia menyatakan sikap tersebut sebagai contoh kepada para prajurit TNI agar tidak berpolitik praktis selama masih aktif.

“Hal itu saya tunjukkan juga sebagai suri teladan bagi tentara aktif untuk tidak berpolitik praktis sebelum memasuki purnatugas,” ucap Gatot.

Gatot Nurmantyo memasuki masa pensiun pada Sabtu (31/3/2018) kemarin. Ia menyatakan, meski telah pensiun dari TNI, ia akan tetap mengabdi kepada negara di bidang yang lain.

“Mengabdi kepada negara tak selalu berarti harus memanggul senjata, dan mulai hari ini saya memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai anak bangsa, anggota masyarakat sipil dan warga negara RI lainnya, termasuk untuk memiliki hak memilih, juga hak dipilih saat pemilu mendatang,” tegas Gatot. (yl)