Connect with us

Daerah

Tumpahan BBM di Perairan Balikpapan Timbulkan Kobaran Api

Published

on

sap hitam dari kebakaran membumbung tinggi terlihat di perairan Balikpapan, diduga akibat adanya tumpahan BBM, Sabtu (31/3/2018). (kaltim.antaranews.com)

Geosiar.com, Balikpapan – Telah terjadi kebakaran di perairan Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur. Kebakaran ini berasal dari ceceran minyak yang ditemukan kapal patroli PT Pertamina.

“Kapal patroli PT Pertamina menemukan ceceran minyak yang cukup banyak. Kapal patroli Pertamina langsung melakukan isolasi dengan oilboom, namun tiba-tiba terbakar,” kata VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (31/3/2018).

Api yang menyala tersebut diduga berasal dari puntung rokok yang sengaja dibuang ke ceceran minyak. Meski demikian, kata Adiatma, kebakaran bisa dipadamkan. Petugas sedang menyelidiki sumber tumpahan minyak.

Kepala Seksi Operasional Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas 1 BalikpapanOctavianto menyatakan, tumpahan BBM terpantau sejak Sabtu pagi di area perairan Teluk Balikpapan dan selanjutnya secara tidak terduga terjadi kebakaran sekitar pukul 11.00 Wita.

“Belum diketahui jumlah korban, karena masih dilakukan pengecekan di lapangan,” katanya.

Saat ini, ucap Octavianto, tim gabungan dari KPP Balikpapan, kepolisian, Pertamina, TNI, dan unsur terkait masih memantau di lokasi untuk memastikan penyebab tumpahan minyak, sekaligus mengecek kemungkinan adanya korban jiwa. (yl)