Connect with us

Lifestyle

4 Cara Ampuh Atasi Bruntusan

Published

on

Bruntusan

Geosiar.com, Berita Kesehatan – Bruntusan merupakan masalah pada kulit wajah yang tidak bisa dianggap sepele.

Jika dibiarkan begitu saja, bruntusan akan semakin bertambah banyak dan sulit diatasi.

Bruntusan biasanya dialami oleh orang dewasa, baik itu pria maupun wanita.

Apakah kamu pernah mengalami yang namanya wajah dipenuhi dengan bintik-bintik kecil kemerahan? Atau melihat seseorang mengalami hal tersebut?

Bruntusan tidak sama dengan jerawat, namun bruntusan merupakan salah satu bentuk dari jerawat.

Jerawat (acne) merupakan kondisi dimana kulit mengalami gangguan lebih disebabkan oleh produksi pada kelenjar minyak dan memungkinkan terjadinya penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori pada kulit.

Jerawat tidak hanya muncul pada wajah, namun ia juga bisa muncul pada punggung, dada, dan bagian tubuh lainnya. Bagi masyarakat awam, bruntusan juga biasa disebut sebagai papul, bintil, atau sesuatu yang menonjol dan terletak pada permukaan kulit.

Bruntusan yang muncul di wajah biasanya tidak hanya satu dua, namun tergolong banyak. Jaraknya berdekatan satu sama lain.

Bila bruntusan digarut atau dipencet, akan muncul bruntusan baru di wajah.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati bruntusan yang menyerang wajah.

Bisa melalui cara medis ataupun tradisional. Bila menggunakan cara medis, berarti kamu harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Selain itu, kamu harus mengambil resiko berupa efek samping dari obat yang diberikan.

Obat tradisonal menjadi pilihan sebab biayanya sangat murah dan aman digunakan. Menggunakan pengobatan tradisional berarti kita menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat.

Berikut beberapa resep pengobatan tradisional untuk mengatasi bruntusan pada wajah.

1. Menggunakan minyak Cengkeh
Di dalam minyak cengkeh ada kandungan tinggi akan senyawa aktif eugenol yang bisa membuat jerawat bruntusan hilang secara alami bahkan menjaga kesehatan kulit dengan baik. Cukup ambil minyak cengkeh secukupnya untuk dicampurkan dengan sedikit air, barulah dioles merata pada kulit wajah yang berjerawat bruntusan. Diamkan beberapa waktu sebelum wajah dibersihkan memakai handuk hangat; lakukan secara teratur untuk hasil terbaik.

2. Menggunakan Kulit Pisang
Kulit pisang diketahui mengandung lutein. Lutein ini adalah antioksidan yang kuat yang mampu mengurangi inflamasi akibat jerawat bruntusan. Bahkan dengan pertolongan lutein ini, sel-sel kulit yang baru akan tumbuh dengan baik. Jadi, pastikan untuk menggunakan kulit pisang di mana bagian dalamnya diusap-usapkan ke bagian kulit wajah berjerawat, tunggu 30 menit sebelum akhirnya bisa dibilas.

3. Menggunakan Lidah Buaya
Ambil gel lidah buaya untuk diaplikasikan pada wajah yang berjerawat bruntusan secara merata lalu diamkan hingga mengering dengan sendirinya. Pastikan untuk tidak menggunakan bahan campuran lain pada lidah buaya. Yang digunakan adalah murni aloe vera saja.

3. Menggunakan Air Dingin
Perlu diketahui, jerawat bruntusan ini juga bisa muncul karena cuaca yang panas yang dapat memicu peradangan serta gatal pada wajah. Untuk mengurangi rasa panas yang ditimbulkan oleh jerawat bruntusan. Anda bisa mencoba air dingin untuk menghilangkannya secara bertahap dan aman. Caranya, siapkan 1 kantong plastik bening dan es batu secukupnya.
Kemudian, masukkan es batu ke dalam kantong plastik dan tutup dengan rapat. Setelah itu, tempelkan bungkusan es batu ke bagian wajah yang terdapat jerawat bruntusan. Tunggu beberapa menit dan ulangi kembali beberapa kali dalam 1 hari.
Semoga dengan beberapa tips di atas, ilmu pengetahuan kita bertambah.

Nah, bagi kamu yang hingga kini masih mengalami masalah bruntusan, semoga pulih dan hilang secepatnya. Percayalah, tidak ada yang tidak mungkin.

Kamu pasti bisa mendapatkan wajah bersih, sehat, dan bebas bruntusan. Yang harus kamu lakukan adalah konsisten dalam melakukan poin-poin di atas.