Connect with us

Nasional

KPK Periksa Kedua Anak Setya Novanto Terkait Kasus E-KTP

Published

on

Anak Setya Novanto Dwina Michaell saat dipanggil KPK. (kumparan.com)

Geosiar.com, Jakarta – Rheza Herwindo dan Dwina Michaella yang merupakan putra dan putri  Setya Novanto, akan diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus korupsi proyek e-KTP.

“Rheza dan Dwina akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Masagung,” kata Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah Rabu (28/3/2018).

Di samping itu, Irvanto diperiksa sebagai saksi untuk Made Oka Masagung. Saat ini, Irvanto sudah ditetapkan sebagai tersangka perkara korupsi e-KTP. Direktur PT Murakabi Sejahtera ini ditahan sejak 28 Februari 2018.

Dalam perkara ini, KPK menyatakan Irvanto diduga sejak awal mengikuti proses tender e-KTP dan juga mengikuti beberapa kali pertemuan di ruko Fatmawati. KPK menyebutkan, walaupun perusahaannya kalah, Irvanto menjadi perwakilan Novanto.

Irvanto, yang merupakan keponakan Novanto, diduga telah mengetahui ada permintaan fee 5 persen untuk mempermudah proses pengurusan anggaran e-KTP. KPK menduga Irvanto menerima uang sejumlah total USD 3,5 juta.

Orang dekat Novanto, Made Oka Masagung, juga ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi e-KTP. Peran Made Oka diduga sebagai pihak yang menjadi penampung dana untuk Novanto senilai total USD 3,8 juta. (Yoseni Turnip)