Connect with us

Sumut

Dinas PU Medan Siap Turunkan Alat Berat Bersihkan Sungai

Published

on

Pemko Medan Terus Galakkan Pengolahan Sampah

Medan, Geosiar.com – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Medan mengaku siap membantu dan menurunkan alat berat apabila pihak Kecamatan membutuhkan bantuan untuk membersihkan drainase. Kesiapan itu seiring tekad Dinas PU dalam melakukan pembersihan drainase yang ada di kota Medan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PU Medan Ir Khairul Syahnan melalui Plt Kabid Drainase Edy Zalman usai membersihkan sungai putih di kawasan Pondok Surya Kel Helvetia Timur Kec Medan Timur, Selasa (27/3/2018). Pembersihan kali itu dibantu Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II seiring memperingati hari air sedunia (Word Water Day).

“Jika drainase mengalir dengan lancar, insha Allah genangan air maupun banjir dapat diminimalisir. Meski demikian tanpa dukungan masyarakat, upaya yang kita lakukan akan sia-sia,” ujar Edy Zalman.

Adapun pembersihan Sungai Putih dilakukan mulai pukul 08.00 WIB dengan melibatkan puluhan petugas Dinas PU. Guna mendukung kelancaran pembersihan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan yang terkait dengan penanganan infrastruktur berupa jalan dan drainase tersebut, juga menurunkan 1 unit skidloader.

Selain membersihkan aliran Sungai Putih dari sampah, bantaran sungai yang dipenuhi semak belukar juga menjadi objek pembersihan petugas Dinas PU yang berkolaborasi dengan BWWS II tersebut. Pembersihan ini mendapat apresiasi dari warga sekitar, selain aliran sungai lancar, kawasan bantaran sungai juga terlihat lebih bersih dan terang

“Berkat pembersihan yang dilakukan Dinas PU bekerjasama dengan BWSS II, aliran Sungai Putih yang melintasi kawasan tempat tinggal kita semakin lancar karena seluruh tumpukan sampah telah dibersihkan.  Di samping itu bantaran sungai yang selama ini dipenuhi semak belukar kini terlihat lebih bersih dan terang,” kata salah seorang warga sekitar. (lamru)