Connect with us

Daerah

India Tawarkan Bantuan Pendidikan dan Kesehatan di Kota Medan

Published

on

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi Menerima Kunjungan Duta besar India Pradeep Kumar Rawat

Medan-Geosiar.com. Duta besar India Pradeep Kumar Rawat menawarkan sejumlah kerjasama khusus bidang kesehatan dan pendidikan. Selain itu, terkait pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kota Medan akan menjadi prioritas.

Tawaran itu disampaikan Pradeep Kumar Rawat saat melakukan kunjungannya ke Pemko Medan, Kamis (22/3/2018). Kunjungan itu diterima Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi.

Kerjasama itu dipastikan akan mempererat hubungan  antara India dan Indonesia, khusunya Kota Medan  yang sebelumnya sudah terjalin dengan baik  selama ini. Apalagi di Kota Medan terdapat Kampung Madras dengan penduduknya mayoritas warga turunan India  yang telah menetap sejak ratusan tahun lalu.

Pada kesempatan itu, Pradeep menawarkan banyak program yang bisa dikerjasamakan dengan Pemko Medan, salah satunya bidang kesehatan                . Guna meningkatkan derajat kesehatan warga Kota Medan, Paradeep menyatakan Pemerintah India siap membantu membangun rumah sakit di Kota Medan.

Menurut Paradeep, untuk bidang kesehatan, India sudah cukup maju. “Kita siap membantu pembangunan rumah sakit di Kota Medan. Di samping itu kita menerima warga Kota Medan yang ingin berobat ke India, terutama di Kota Chennai. Selain memiliki tenaga medis yang cukup ahli, biaya perobatan juga relatif murah dibandingkan dengan Malaysia maupun Singapura yang selama ini menjadi tujuan utama warga Kota Medan berobat,” kata Pradeep.

Selain bidang kesehatan, Pradeep juga menyatakan Pemerintah India siap membantu meningkatkan mutu pendidikan pelajar maupun mahasiswa di Kota Medan. Dikatakannya, Pemerintah India membuka pintu selebar-lebarnya bagi pelajar maupun mahasiswa Indonesia, terutama Kota  untuk menimba ilmu di negara yang memiliki penduduk terbanyak nomor dua di dunia tersebut.

“Kita pun siap menerima pertukaran pelajar maupun mahasiswa asal Indonesia, termasuk Kota Medan. Pertukaran ini sangat penting untuk menambah sekaligus mengembangkan ilmu pengetahuan, terutama yang selama ini menjadi unggulan di India,” ungkapnya.

Di samping itu Pradeep  menawarkan kepada Wali Kota untuk memberikan training kepada ASN di lingkungan Pemko Medan. Mereka akan di traiinig di India guna peningkatan SDM, skill serta leadership.“Kita siap berikan training selama 2 pekan kepada ASN di lingkungan Pemko Medan,” ungkapnya.

Wali kota Medan Drs H T dzulmi Eldin S MSi didampingi  Asisten Umum Ilhwan Habibi Daulay, Asisten Pemerintahan dan Sosial Musadad Nasution serta Kadis Pendidikan Kota Medan Hasan Basri,  mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Dubes India tersebut. Apalagi dalam kunjungan tersebut, Dubes India menawarkan kerjasama yang sangat menarik.

“Kami sangat bahagia atas kunjungan ini. Selain meningkatkan silaturahmi, tentunya kita berharap kedatangan Dubes India dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi kota maupun warga Kota Medan,” kata Wali kota.

Diungkapkan Wali Kota, sejarah Kota Medan mencatat bahwa hubungan antara India dan Kota Medan sudah terjalin sejak lama. Sebab, sejak ratusan tahun lalu warga India sudah datang ke Kota Medan melalui Pelabuhan Belawan. Bahkan, di Kota Medan saat ini terdapat Kampung Madras. “Tiga minggu lalu, saya juga baru meletakkan batu pertama pembangunan gapura Little India di Kampung Madras,” paparnya.

Tidak itu saja tambah Wali Kota, warga Kota Medan pun sudah tidak asing lagi dengan sejumlah kuliner khas India seperti martabak, mie rebus, roti cane serta putu mayung. “Malah sudah banyak warga Kota Medan  yang terampil dalam membuat kuliner khas  India tersebut,” terangnya. (lamru)