Connect with us

Sumut

Walikota Medan Pimpin Normalisasi Sungai Bederah Sunggal

Published

on

Wali Kota Medan, Drs H T dzulmi Eldin S MSi memimpin gotong royong untuk normalisasi drainase di sungai Bederah yang dipadati lumpur dan sampah, Minggu (18/3/2018)

Medan-Geosiar.com, Wali Kota Medan, Drs H T dzulmi Eldin S MSi sahuti keluhan warga terkait banjir di Jalan Seroja Lk 5,6 dan 14 Kelurahan Sunggal Kecamatan Medan Sunggal.

Walikota langsung memimpin gotong royong untuk normalisasi drainase di sungai Bederah yang dipadati lumpur dan sampah, Minggu (18/3/2018).

Dari pengakuan Kepala Lingkungan 5 Kelurahan Sunggal, Supriadi, belakangan ini hujan setengah jam saja, sepanjang Jalan Seroja sudah banjir setinggi setengah meter.

Kondisi itu terjadi akibat drainase yang ada mengalami penyumbatan serta pendangkalan. Di tambah lagi drainase mengalami penyempitan sepanjang 50 meter di  Jalan Beringin sehingga kelancaran buangan air menuju Sungai Bederah terganggu.

“Dulu drainase ini lebarnya 2 meter, sekarang lebarnya tak sampai 1 meter, bahkan mendekati pembuangan menuju Sungai Bendera semakin menyempit sehingga lebarnya sekarang tinggal 50 cm. Bagaimana tidak banjir, sebab semua pembuangan air menuju Sungai Bederah melalui drainase ini,” kata Supriadi.

Dalam melakukan normalisasi tersebut, Wali Kota minta kepada Kadis Pekerjaan Umum (PU) Khairul Syahnan untuk menurunkan sejumlah alat berat seperti spider excavator, beko mini, skid loader, truk serta puluhan pekerja guna mendukung kelancaran normalisasi. Di samping itu normalisasi juga dibantu jajaran Kecamatan Medan Sunggal, personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) serta pemuda Kosgoro 1957.

Pada saat itu Walikota Medan memerintahkan Dinas PU melakukan Normalisasi. Spider Excavator, skid loader maupun beko mini pun langsung bekerja mengeruk drainase untuk mengatasi penyumbatan sekaligus melakukan pengikisan sehingga lebar drainase pun bertambah.

“Selain mengorek untuk memperdalam kembali drainase, kita juga melakukan pelebaran sehingga daya tampung drainase bertambah. Dengan demikian ketika hujan deras turun, drainase ini mampun menampung debit air hujan dan mengalirkannya menuju Singai Bederah. Dengan normalisasi yang dilakukan ini,  insya Allah mampu meminimalisir banjir yang selama ini terjadi,” kata Wali Kota.

Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli didampingi anggota DPRD Medan Ilhamsyah, mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota, terkhusus Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan beserta jajarannya yang telah menurunkan  tiga unit armada alat beratnya, belasan truk serta 50 personil  dalam  menormalisasi drainase tersebut.

“Kita sangat berterima kasih kepada Bapak Wali Kota Medan yang cepat merespon semua keluh kesah masyarakat kota Medan, terutama warga Jalan Seroja. Kita berharap  normalisasi yang dilakukan berkelanjutan dan mampu mengatasi keluhan warga selama ini,” ungkap Iswanda.

Selanjutnya pria yang akrab disapa Nanda itu, tak lupa mengajak warga sekitar untuk selalu menjaga kebersihan drainase yang baru selesai dinormalisasi. Dengan kepedulian dan dukungan penuh warga, politisi dari partai Golkar itu pun drainase tetap terpelihara dan berfungsi dengan baik sehingga banjir pun dapat diminalisir.

Sementara itu Kadis PU Kota Medan Kahirul Syahnan didampingi Plt Kabid Drainase mengatakan, normalisasi akan dilanjutkan hingga mengatasi penyempitan yang terjadi di Jalan Beringin sehingga aliran air menuju Sungai Bederah terganggu.  Di samping itu pihaknya juga akan melakukan pembetonan dinding draianse yang berbatasan dengan tanah kosong.

“Pembetonan rencananya kita lakukan tahun ini, sebab  anggarannya telah ditampung tahun ini, termasuk pembetonan Jalan Seroja. Kita milih pembetonan agar lebih kuat dan tahan lama, sebab pengaspalan yang telah kita lakukan tidak bertahan lama sehingga mengelupas  kembali sehingga sangat mengganggu kenyamanan warga yang melintasinya,” jelas Syahnan.

Sedangkan Camat Sunggal  Indra Mulia, sangat berterima kasih atas kepedulian Kosgoro 1957 kota Medan yang diketuai Iswanda Nanda Ramli,khususnya Kosgoro 1957 Kecamatan Medan Sunggal yang telah berinisiatif menggelar gotong royong  dan membantu normalisasi drainase bersama Dinas PU Medan. (lamru)