Connect with us

Sumut

Viral Mengandung Cacing Pita, BPOM Medan Periksa Produk Ikan Kalengan

Published

on

Produk Ikan Kalengan yang sempat viral karena mengandung cacing Pita

Medan-GeoSiar.com, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan segera melakukan pemeriksaan terhadap produk ikan sarden kalengan yang dikabarkan mengandung cacing pita dan sempat viral beberapa waktu lalu.

Dalam video viral yang diunggah oleh salah seorang warga bernama Lili,ditemukan adanya cacing pita di dalam ikan sarden kalengan yang dibelinya di sebuah toko di Selatpanjang, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Terkait hal itu, Kepala BBPOM Yulius Sacramento Tarigan menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak BBPOM di Riau mengingat Provinsi Riau yang juga berdekatan dengan Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Oh iya Pak, Untuk kasus seperti ini kami selalu langsung link dan komunikasi antar seluruh wilayah kerja. Sehingga lebih mudah penelusurannya,” tuturnya.

Yulius Sacramento Tarigan mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan pengecekan sample ikan sarden kalengan dari beberapa jenis dan merek secara merata.

“Iya betul Pak (dilakukan pengecekan). Karena jenis merk yang beredar juga tidak begitu banyak, maka merata kita periksa,” tuturnya.

Berdasarkan Pasal 2 Peraturan Kepala BPOM Nomor 14 Tahun 2014, BBPOM Medan selaku Unit Pelaksana Teknis di lingkungan BPOM mempunyai tugas melaksanakan kebijakan dibidang pengawasan obat dan makanan.

Tugas melaksanakan kebijakan dibidang pengawasan obat dan makanan tersebut meliputi pengawasan atas produk terapetik, narkotika, psikotropika, zat adiktif, obat tradisional, kosmetik, produk komplemen serta pengawasan atas keamanan pangan dan bahan berbahaya.(mdntdy/r1)