Connect with us

Nasional

Panglima TNI Marsekal Hadi Ungkap Investigasi Tank dan KCM TNI

Published

on

Kapal milik Kodam Jaya yang tenggelam di perairan Kepulauan Seribu

Jakarta-GeoSiar.com, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa jajarannya tengah melakukan investigasi penyebab tenggelamnya Tank dan Kapal Cepat Motor milik TNI.

“Saat ini masih dalam proses penyelidikan investigasi,” kata Hadi usai menganugerahkan Bintang Eka Paksi kepada Kapolri Jenderal Pol.Tito Karnavian di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (13/3/2018).

Hadi menjelaskan, investigasi meliputi faktor teknis seperti perawatan mesin atau ada kesalahan Standart Operasional Prosedur (SOP) dalam pengoperasian dua alutsista tersebut.

“Apakah permasalahan human error, apakah permasalahan mekanik itu nanti setelah ada hasilnya dari tim investigasi,” ungkapnya.

Aadapun dua kendaraan tempurnya yang celaka yakni Tank M113 yang tenggelam di Sungai Bugowonto, Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu (10/3) dan Kapal Motor Cepat (KMC) AD-16-05 milik Kodam Jaya di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (12/3).

Pada kecelakaan Tank M113 renggut dua nyawa sementara kecelakaan KMC AD-16-05 tak memakan korban jiwa.

Seluruh awak kapal dan prajurit yang ada dalam kapal tersebut selamat karena berhasil di pindahkan ke kapal KMC AD-04-15.

Menurutnya Kodam Jaya sengaja mengerahkan dua kapal untuk mengangkut lebih 100 personel, untuk menghindari kelebihan muatan.

“Kan kita gunakan dua kapal,” ujar Kodam Jaya.

Sementara terkait penyelidikan kecelakaan yang masih dalam proses penyelidikan, Hadi berjanji akan menyampaikan hasilnya secara terbuka.

Hasil investigasinya tersebut akan di laporkan secara langsung kepada Komisi I DPR bersama Menteri Pertahanan dengan didampingi oleh para kepala Staf darat, laut dan udara untuk kemudian disampaikan kepada khalayak luas.(rml/r1)