Connect with us

Kesehatan

Hidup Sehat Ala dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK

Published

on

Pola Hidup Sehat

Geosiar.com- Spesialis gizi, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK menuturkan bahwa kesadaran masyarakat semakin meningkat terhadap gaya hidup dan pola makanan yang sehat.

“Saat ini, banyak pasien yang datang ke poli menanyakan bagaimana supaya mereka lebih sehat, makanan sehat. Apalagi penyakit degenaratif, semakin tidak bisa dikendalikan, tidak terasa, lambat laun jadi kronik, ” tuturnya dalam peluncuran Bango Light, di Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Berdasarkan hal tersebut, dr. Diana mengungkapkan bahwa perlu menerapkan gaya hidup yang sehat dengan memperhatikan pilihan bahan makanan serta kandungannya tanpa mengorbankan kelezatan hidangan yang diolah.

dr. Diana lebih menyarankan Anda untuk mencari alternatif pengganti menu makanan yang dikonsumsi seperti mengganti nasi putih dengan nasi merah, roti putih dengan roti gandum hingga gula dengan ekstrak daun stevia.

Namun perlu diperhatikan, semua makanan dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh dan tidak berlebihan.

Selain itu, untuk mendapatkan pola makan yang sehat dengan memperhatikan porsi, jadwal, dan cara mengolah makanan yang tepat seperti merubah cara pengolahan masakan yang digoreng dengan direbus atau yang dibakar.

“Kalau semua makanan sudah diperhatikan secara detil, apalagi yang harus dilakukan agar gaya hidup sehat? Yang paling penting adalah aktivitas fisik. Pola makan yang sudah bagus, akan sia-sia kalau tidak mau bergerak, jadi perbanyaklah aktivitas fisik,” tegasnya.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga ke tempat kebugaran atau menyediakan waktu luang, Anda bisa menggantinya dengan jalan kaki atau naik tangga.

Langkah tersebut akan efektif menjaga pola hidup sehat Anda. Selamat mencoba. (sracm/r1)