Connect with us

Sumut

Pejabat Sumut Perebutkan Kursi Sekdaprovsu

Published

on

Pejabat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara

Medan-GeoSiar.com, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Setdaprovsu, Kaiman Turnip menggungkapkan masa pendaftaran seleksi lelang terbuka jabatan Sekretaris Daerah Sumatera Utara (Sekdaprovsu) 2018 sudah ditutup pada Jumat (9/3/2018).

Menurut Kaiman, ada sekitar sepuluh pejabat eselon II di lingkungan Pemprovsu yang mendaftar sebagai calon sekda.

Meskipun demikian, Kaiman tak menyebutkan seara detail kesepuluh nama yang masuk dalam daftar pejabat daerah tersebut.

“Ya, sepuluh orang (yang mendaftar). Sekarang sudah tutup pendaftaran,” katanya.

Dari sepuluh pejabat eselon yang mendaftar tersebut, terdapat nama mantan Asisten Ekbang Hj Sabrina yang kini bertugas di kementerian dalam daftar pemilihan tersebut.

Sementara, sembilan pejabat eselon II di lingkungan Pemprovsu hingga akhir masa pendaftaran; HM Fitriyus (Kadis Kominfo), Arsyad Lubis (Kadis Pendidikan), Riadil Akhir Lubis (Kepala BPBD), Aspan Sopian Batubara (Kadis Pemberdayaan Desa), Binsar Situmorang (Kadis Lingkungan Hidup), Hidayati (Kadis Pariwisata), Agus Tripriyono (Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah), Sarmadan Hasibuan (Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah) dan Baharuddin Siagian (Kadispora).

“Siapa saja yang mendaftar saya tidak tahu,” ungkap Kaiman yang sedang berada di Jakarta.

Menurut Kaiman, sepuluh berkas pelamar tersebut akan dicek dan diverifikasi kembali oleh Panitia seleksi, baik dari sisi administrasi dan rekam jejak pendaftar pada 16 Maret.

“Tahapan selanjutnya yakni assessment test pada 20-27 Maret. Hasil assessment test itu akan diumumkan pada 28 Maret 2018. Tahap berikutnya adalah penulisan makalah pada 30 Maret 2018 dan seleksi wawancara pada 2-3 April 2018. Pengumuman akhir akan digelar pada 5 April 2018,” ujarnya.

Mekanisme dari semua tahapan itu, nantinya akan dipilih tiga nama calon Sekdaprovsu yang kemudian diserahkan kepada Gubernur.

Setelah itu Gubernur mengusulkannya kepada Kementrian Dalam Negeri, untuk selanjutnya dipilih satu nama atas restu Presiden.

“Nantikan ada asesornya. Tapi itu sudah teknis sifatnya. Tiga nama calon pansel yang beri rekomendasi untuk diusulkan oleh Gubernur,” ujarnya.

Anggota Pansel Lelang Sekdaprovsu, Subhilhar sebelumnya juga menyebut belum dapat mempublikasikan empat nama pejabat eselon II Pemprovsu yang telah mendaftar tersebut.

“Ya jangan dululah. Saya pun belum lihat berkasnya, apakah betul dia mendaftar. Kita baru penetapan kalau sudah tanggal 9. Nanti kalau dia tiba-tiba ada apa-apa, enggak bagus juga,” katanya melalui sambungan telepon, pada Rabu (7/3/2018).

Menurut Subhilhar, nama-nama para pendaftar baru boleh dipublikasikan setelah tahap seleksi administrasi pada 9 Maret 2018.(smtps/r1)