Connect with us

Nasional

Hadiri Delegasi LP3KD di Bali, Hendrik Sitompul : Rakornas Berjalan dengan Baik dan Lancar

Published

on

Drs Hendrik H Sitompul MM (nomor 2 dari kanan) berfoto bersama Ketua Bimas Sumut, Yulia Sinurat (nomor 3 dari kanan), Pastor Pembina, Redemptus Simamora OFM Cap (nomr 4 dari kanan) didampingi oleh perwakilan LP3KD Sumut Nahot Sihaloho (paling kiri)

Bali-GeoSiar.com, Ketua Umum Lembaga Pembinaan dan Pengembangan PESPARANI Katolik Daerah (LP3KD) Sumatera Utara, Drs Hendrik H Sitompul MM mengapresiasi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang berjalan dengan baik dan lancar di Hotel Nusa Dua Bali, pada Senin (12/3/2018).

Hendrik didampingi oleh Delegasi LP3KD Sumut yakni Ketua Bimbingan Masyarakat Katolik Sumatera Utara (Sumut), Yulia Sinurat bersama dengan Pastor Pembina, Redemptus Simamora OFM Cap dan juga beberapa perwakilan pengurus LP3KD Sumut lainnya, Nahot Sihaloho mengabadikan momen bersama sebelum acara Rakornas dimulai.

Dalam kesempatan tersebut, Hendrik menuturkan bahwa acara yang difasilitasi Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik (Dirtjen Bimas Katolik) Rakornas telah berlangsung dengan lancar dari Sabtu (10/3) dan akan berakhir pada Rabu (14/3) mendatang.

“Acara dikemas dengan nuansa kekeluargaaan dan berlandaskan iman kekatolikan. Sejauh ini, seluruh acara berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya saat ditemui di sela-sela acara Rakornas.

Hendrik mengaku bahwa seluruh peserta yang diikuti sekitar 350 peserta dari seluruh pengurus LP3KD dari Sabang sampai Merauke mendapatkan pembekalan yang cukup untuk dapat diterapkan di daerah masing-masing.

Acara, diungkapkan Hendrik, diawali dengan pemaparan kebijakan DITURA Katolik yang menetapkan bahwa PESPARANI sebagai salah satu program pembangunan di Bidang Beragama Katolik oleh Sihar Petrus Simbolon.

“Seluruh materi telah disampaikan dengan baik kepada seluruh peserta mulai dari pemaparan kebijakan DITURA Katolik, peran dari LP3KN dalam penyelenggaraan PESPARANI tingkat Nasional hingga pada sidang pleno yang membahas keseluruhan tugas dan tanggungjawab pengurus LP3KN,” tuturnya.

Dalam Rakornas juga di bahas penajaman program oleh masing-masing ketua I, II hingga III yang dibawakan oleh Romo Jhon Rusae , Romo Agus Ulahayanan dan Romo Siswantoko.

Dalam pertemuan nasional ini juga akan dibahas mengenai persiapan PESPARANI I yang akan dihadiri lebih dari delapan ribu peserta yang tergabung dalam kontingen masing-masing daerah dari seluruh Indonesia pada PESPARANI I di Ambon, Maluku pada 14-20 Oktober 2018 mendatang.

Kegiatan ini, menurut Hendrik, didukung sepenuhnya oleh berbagai unsur tokoh masyarakat Katolik di seluruh Indonesia.

Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia (KWI)yang merupakan gabungan unsur Pemerintah, Pimpinan ormas-ormas Katolik, Tokoh Umat sertaa perwakilan Konferensi Waligereja Indonesia juga mendukung acara yang berlangsung 5 hari ini.

“Acara ini merupakan bentuk sinergitas Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Pembangunan bidang Agama, maka mari kita manfaatkan dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab PESPARANI yang sudah di fasilitasi oleh pemerintah dalam menunjang tumbuh kembangnya iman kekatolikan kita,” pungkasnya. (Cw1)