Connect with us

Politik

Hadiri Rapimnas, Hendrik Halomoan Sitompul : Demokrat Siap Menang

Published

on

Kader Partai Demokrat yang menjabat sebagai DPRD Medan Komisi C, Hendrik Halomoan Sitompul hadiri Rapimnas Demokrat di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (9/3/2018)

Bogor-GeoSiar.com, Presiden Joko Widodo alias Jokowi menghadiri pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Tahun 2018 Partai Demokrat di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (9/3/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyebut dirinya sebagai seorang demokrat yakni seorang pemimpin yang tak otoriter, selalu mendengarkan pendapat orang lain, dan menghargai perbedaan tanpa menjadikannya sebagai sumber permusuhan.

“Saya berani bilang saya itu bukan seorang pemimpin otoriter, saya ini seorang demokrat,” ujarnya dihadapan seluruh hadirin.

Presiden, melalui kesempatan tersebut, menceritakan pengalamannya yang sempat dituduh sebagai seorang pribadi yang otoriter melalui media sosial pada tahun 2017.

“Di sosial media pada bulan Agustus 2017 lalu disampaikan bahwa saya adalah pemimpin yang otoriter. Saya heran saja, kenapa dibilang pemimpin otoriter,” katanya.

Tudingan miring yang ditujukan pada dirinya sempat menimbulkan pertanyaan tersendiri baginya.

“Menurut saya tidak ada potongan sama sekali, penampilan saya juga tidak sangar. Kemana-mana saya juga tersenyum,” ujarnya.

Presiden justru berpendapat bahwa dirinya memenuhi syarat sebagai seorang demokrat yakni bisa menjadi pendengar yang baik, menghargai pendapat orang lain dan menghargai perbedaan-perbedaan tanpa menjadikannya sebagai sumber permusuhan.

“Kurang lebih saya dan Pak SBY bedanya tipis, kalau saya seorang demokrat, Pak SBY demokrat tambah satu, Ketua Umum Partai Demokrat. Jadi bedanya tipis sekali,” tukasnya disambut dengan tepukan meriah dari para anggota kader.

Turut hadir Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan, dan Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) pemenangan pemilu 2019 Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Tak hanya itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly, serta ketua umum dan pimpinan partai politik lainnya di seluruh Indonesia juga turut hadir.

Mantan Wakil Presiden Boediono, para mantan menteri Kabinet Indonesia Bersatu, para pemimpin redaksi dari berbagai media juga turut meramaikan Rapimnas.

Wakil Bendahara DPD Demokrat Sumut, Hendrik Halomoan Sitompul mengaku bangga bisa meluangkan waktu bergabung dengan 15.000 kader Partai Demokrat dari seluruh Indonesia dalam Rapimnas.

“Saya bangga dengan semangat juang dari teman-teman kader yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat, mulai dari kalangan petani, pembatik, nelayan dan profesi lainnya untuk dapat menyatukan visi dan misi Demokrat dalam Rapimnas ini,” ujarnya kepada wartawan Geosiar.

DPRD Medan Komisi C ini menambahkan, bahwa rapat tahunan tersebut diikuti seluruh unsur dewan pimpinan pusat partai hingga daerah, cabang, sampai tingkat pengurus anak cabang (PAC) Partai Demokrat se-Indonesia.

Rapimnas yang mengambil tema Demokrat Siang 2019 itu, menurut Hendrik akan fokus membahas strategi dan upaya partai untuk pemenangan Pilkada 2018 dan Pileg serta Pilpres 2019.

Agenda tersebut, tutur Hendrik, merupakan hal yang sangat mendesak mengingat pada Pilkada 2018, Partai Demokrat akan berlaga di 17 pemilihan gubernur dan 31 pemilihan bupati/wali kota.

Dalam menyongsong Pemilu 2019, Demokrat dinilai siap untuk bertarung secara sportif.

“Dengan nomor urut 14 yang melekat pada Demokrat, akan membawa partai berlambang bintang mercy ini pada kemenangan Pilkada 2018 sekaligus Pemilu 2019 mendatang. Mari kita satukan kekuatan, menyongsong Indonesia yang leib baik lagi. Demokrat Siap Menang,” pungkasnya optimis. (Antr/r1)