Connect with us

Nasional

Dirtipid Siber Bareskrim Polri Tangkap Pencipta dan Penyebar Hoax

Published

on

ILUSTRASI : Hoax (sumber:net)

Jakarta-GeoSiar.com, Dirtipid Siber Bareskrim Polri mengamankan penyebar hoax, isu SARA, dan penghina tokoh negara di Cakung, Jakarta Timur pada Rabu (7/3/2018) malam.

Pelaku penyebar hoax, berinisial KB (30) ini telah menyebarkan berbagai isu kebencian melalui media sosialnya, facebook.

“Tadi malam tim kami berhasil mengungkap penangkapan tersangka yang bersangkutan berinisial KB,” kata Kasubdit I Dirtipid Siber Bareskrim Polri Kombes Irwan Anwar di kantornya, Cideng, Jakarta Pusat, Kamis (8/3/2018).

Polisi sudah mengidentifikasi jenis isu yang disebarkan oleh KB dengan tujuan menebarkan ketakutan dan kebencian antar sesama.

“Isu secara umum yang dibuat yakni kebangkitan PKI, penganiayaan ulama, dan pencemaran terhadap tokoh dan pejabat nasional,” tuturnya.

Irwan menyatakan KB juga menghina sejumlah tokoh agama, seperti Ketua MUI Ma’ruf Amin, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, hingga Presiden Jokowi. Serta menghina agama dan golongan.

“Penghinaan atau berita bohong terhadap tokoh nasional dan pejabat negara, antara lain menghina Ma’ruf Amin, Said Aqil Siroj, menyerang secara pribadi terhadap tokoh lainnya, misalnya Prabowo, Jokowi, menghina Megawati,” kata Irwan.

Polisi menyebut, dalam menjalankan aksinya, KB meretak akun Facebook orang lain. Menurut polisi, tujuan pelaku menyebarkan hoax adalah motif ekonomi.

Selain itu, KB membuat blog palsu dengan mencantumkan nama media nasional untuk menyebarkan konten tersebut. Tak hanya itu, KB juga disebut polisi menyebarkan konten porno dalam Facebook.

“Dia juga membuat (akun) Blogspot, hampir semua media ada di sini, misalnya MI, detik, Tempo. Hampir semua ada,” ujarnya.

Atas perbuatannya, KB disangkakan Pasal 45 A ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 dan/atau Pasal 45 B juncto Pasal 29 UU ITE. Pasal 156 KUHP dan Pasal 14 ayat 2 atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana. (yld/tor)