Connect with us

Sumut

Pasangan JR Saragih dan Ance Optimis Menangkan Persidangan

Published

on

Pasangan JR Saragih dan Ance optimis menang dalam putusan persidangan sengketa Pilgubsu pada Sabtu (3/2/2018)

Medan-GeoSiar.com, Pasangan JR Saragih dan Ance Selian serta seluruh pendukungnya menunggu keputusan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut pada persidangan Sabtu (3/3/2018) sore.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut akan membacakan putusan terkait kelolosan pasangan calon JR-Ance untuk dapat maju sebagai peserta pada Pilgubsu 2018.

Bawaslu akan kembali menggelar sidang musyawarah sengketa Pilgubsu 2018 atas gugatan JR Saragih-Ance Selian terhadap KPU Sumut hari ini.

Bakal Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara Ance Selian mengaku yakin dengan keputusan Bawaslu untuk berpihak kepada calon yang sempat digugurkan oleh KPU Sumut.

Ance menuturkan bahwa seluruh persyaratan yang diminta telah dipenuhi oleh pihaknya.

Tak hanya itu, menurut Ance beberapa saksi juga telah dihadirkan untuk menguatkan posisi JR-Ance sebagai calon peserta Pilgub yang diusung Demokrat, PKB dan PKPI.

“InsyaAllah. Keyakinan kita bisa menang karena memang prosesnya sangat transparan, hingga seluruh proses persidangan bisa kita ikuti dan masyarakat juga dapat menyaksikan,” ujar Ance Selian pada Jumat (2/3).

Untuk menghadapi putusan hari ini, Ance mengaku tidak ada menggelar acara doa bersama dan juga tak mengerahkan massa di lapangan.

Namun meskipun demikian, Ance optimis Bawaslu dapat mengabulkan permohonan mereka.

“Semoga permohonan kita dikabulkan Bawaslu, karena secara administrasi dan ketentuan, telah kita penuhi di masa pemberkasan dan perbaikan di KPU Sumut,” tuturnya.

Keyakinan pasangan JR-Ance bakal menang ini juga terekam lewat aktivitas pemasangan stiker bergambar pasangan JR-Ance ke puluhan mobil-mobil, yang tetap berlangsung di Kota Siantar.

Di Perumahan J-City Medan Johor, mobil-mobil bergambar pasangan JR-Ance parkir berderet, siap untuk diterjunkan keliling Kota Medan dan berbagai kota lainnya di Sumut. Tim Relawan pun mengaku percaya diri jagoan mereka akan lolos pencalonan Pilgubsu 2018.

Pengamat Hukum dan Politik UMSU, Rio Affandi Siregar juga optimis dengan keputusan yang akan di keluarkan oleh Bawaslu. Menurutnya, berbagai proses persidangan yang digelar sejak 20 Februari lalu di Bawaslu Sumut sudah mengarah pada penguatan posisi JR-Ance sebagai peserta Pilgubsu 2018.

“Pertama soal substansi persoalan. Saya menilai pernyataan saksi ahli soal syarat fotokopi ijazah yang merupakan pelengkap, harusnya bisa dilihat dari sisi substansinya, yakni ijazah asli sebagai dokumen dasar yang kemudian disalin,” kata Rio.

Selain itu, menurutnya, surat yang membenarkan dokumen fotokopi ijazah legalisir yang disampaikan pihak JR-Ance ke KPU sudah ditandatangani langsung Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Berdasarkan bukti tersebut, menurut Rio berkas tersebut seharusnya dijadikan sebagai acuan untuk meyakini kebenaran berkas legalisir dari ijazah aslinya.

“Surat berikutnya adalah yang dikirimkan Disdik DKI, tetapi ditandatangani sekretaris dinasnya. Menurut saya, pernyataan saksi ahli dari Atmajaya (dihadirkan Bawaslu) itu sudah tepat. Sebab secara kelembagaan, tentu posisi kepala dinas lebih kuat daripada sekretaris,” pungkasnya. (smtps/r1)