Connect with us

Pilkada 2018

Menangkan Sidang Gugatan, JR-Ance Bisa Ikut Pilgubsu

Published

on

JR-Ance menangkan gugatan di Kantor Bawaslu Sumut, Jalan Adam Malik, Medan, Sabtu (3/3/2018) malam

Medan-GeoSiar.com, Pimpinan Majelis, Hardi Munte pada Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2018, membacakan hasil yang memuaskan bagi Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Sumut JR Saragih-Ance Selian, di Kantor Bawaslu Sumut, Jalan Adam Malik, Medan, Sabtu (3/3/2018) malam.

Pasalnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumut mengabulkan gugatan yang dilayangkan oleh paslon yang sempat dinyatakan gagal untuk bertarung sebagai perserta dalam Pilkada Juni mendatang.

Anggota Syafrida R Rasahan dan Aulia Andri turut mendampingi Hardi dalam membacakan putusan di hadapan pihak pemohon JR-Ance dan termohon Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut.

“Menetapkan, pertama, mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian,” kata Hardi.

Dua, Bawaslu Sumut memerintahkan pemohon untuk melakukan legalisir ulang fotokopi ijazah SMA pemohon sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku bersama-sama dengan termohon.

Tiga, Bawaslu memerintahkan pemohon untuk menyerahkan dokumen fotokopi ijazah SMA yang telah dilegalisir ulang tersebut kepada termohon dengan sebuah tanda terima khusus yang ditandatangani pemohon dan termohon.

Empat, memerintahkan kepada termohon untuk menuangkan hasil pelaksanaan legalisir ulang fotokopi ijazah SMA milik pemohon dari instansi yang berwenang ke dalam berita acara yang ditandatangani oleh pemohon, termohon dan menjadi dasar bagi termohon untuk menentukan keterpenuhan kelengkapan pemohon dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Lima, terhadap amar putusan poin 2, 3 dan 4, dikerjakan paling lama tujuh hari sejak putusan ini dilasanakan oleh termohon.

Keenam, memerintahkan KPU Provinsi Sumatera Utara untuk membatalkan SK KPU Nomor: 07/PL.03.3-KPT/12/Prov/II/2018 Tanggal 12 Februari dan menerbitkan SK baru bilamana hasil dari legalisir ulang fotokopi ijazah SMA pemohon dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta telah memenuhi syarat sebagaimana yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketujuh, memerintahkan KPU untuk melaksanakan putusan ini paling lama tiga hari kerja setelah diputuskan.

“Menolak permohonan pemohon untuk selebihnya,” tutup Hardi.

Suasana di luar persidangan mendadak riuh setelah relawan JR Saragih-Ance mengetahui hasil sidang gugatan ini.

KPU Sumut sebelumnya menetapkan dua cagub-cawagub Sumut. Keduanya yakni Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus. (indmd/r1)