Connect with us

Nasional

BMKG Ingatkan Warga Jakarta Waspadai Gempa

Published

on

ILUSTRASI : Gempa bumi (Sumber:net)

Jakarta-GeoSiar.com, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengingatkan warga Jakarta untuk senantiasa waspada akan bahaya gempa yang sewaktu-waktu dapat mengancam Jakarta.

Hal tersebut dikemukakannya mengingat gampa yang mengguncang Jakarta beberapa waktu lalu.

Dwikorita menegaskan persepsi bahwa Jakarta aman gempa adalah keliru.

Menurut Dwikora, berdasarkan kondisi geografisnya, Jakarta memiliki patahan aktif dan struktur tanah yang sangat lunak sehingga rentan terdampak gempa megathrust 8,7 skala Richter.

Jakarta, ungkap Dwikora berisiko menghadapi gempa bumi yang bersumber dari zona megathrust subduksi dan sesar aktif.

“Tebalnya lapisan tanah lunak di Jakarta berpotensi memicu amplifikasi atau penguatan guncangan saat terjadi gempa kuat,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati di Jakarta.

Selain itu, terang Dwikora, Jakarta dikelilingi oleh patahan aktif megathrust Jawa Barat dan Jawa Tengah serta megathrust selat Sunda.

“Jakarta harus siap apabila terjadi gempa yang bersumber di selatan Jawa,” tuturnya.

Dwikora berpendapat bahwa gempa masih akan terus terjadi di Jakarta.

“Namun yang belum bisa dipastikan adalah kapan gempa itu terjadi dan berapa kekuatannya,” ujar dia.

Warga Jakarta, menurut Dwikorita, harus mulai memahami risiko bahaya gempa bumi, memahami mitigasi bencana gempa bumi, serta memerhatikan aspek keamanan bangunan terhadap gempa.

Tak hanya itu, audit bangunan dan gedung bertingkat juga wajib menjadi hal yang diperhatikan untuk memastikan keamanan bangunan dari gempa yang terjadi kapan saja.(Lpt6/r1)