Connect with us

Politik

PKS Nilai Jokowi Gunakan Fasilitas Negara Untuk Kepentingan Politik

Published

on

Pengurus PSI dan Presiden Joko Widodo

Jakarta-Geosiar.com, Wasekjen PKS Mardani Ali Sera menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan politik praktis. Hal ini setelah Presiden Jokowi menerima PSI di Istana Negara dan membahas soal pemenangan Pemilu 2019, Kamis (1/3/2018).

PKS menilai langkah Jokowi menerima kunjungan politik seperti itu sebagai langkah yang tidak tepat. “Presiden offside. Tidak boleh menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan politik praktis,” ungkap Mardani kepada wartawan, Jumat (2/3).

Langkah Jokowi PSI dan membahas soal strategi pemenangan pemilu sebagai kesalahan. Menurut Mardani, pertemuan itu seharusnya itu dilakukan di luar Istana. “Hari kerja, di office hour dan di kantor yang dibiayai negara adalah kesalahan fatal,” tutur Mardani.

Mardani menilai keputusan menerima PSI di Istana tidak seperti cara Jokowi yang biasa. Mardani menyebut Jokowi selama ini selalu sangat hati-hati soal aturan.

“Aneh sekarang Pak Jokowi. Biasanya sangat aware tentang hal ini. Selalu di hari libur dan after office hour,” kata Anggota DPR tersebut.

Tim Presiden, menurut Mardani, perlu diingatkan mengenai hal ini agar tidak membuat blunder bagi Jokowi. Dia mengatakan, langkah seperti itu bisa dilihat sebagai bentuk kekhawatiran Jokowi karena elektabilitasnya yang belum aman untuk Pilpres 2019.

“Tim Presiden perlu diingatkan tentang hal ini. Kenapa? Ini bisa jadi disengaja. Ingin diserang. Dan nanti ada effect viktimisasi,” sebut Mardani.

“Biasa, ketika elektabilitas menurun perlu ada aksi lain. Tapi, publik perlu terus menjaga agar semua pejabat publik menjaga etika dan bersikap yang proper,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada Kamis (1/3) sore, Presiden menerima kunjungan PSI di Istana Negara. Pada pertemuan itu, PSI mengaku mendapat tips memenangi Pemilu 2019 dari Jokowi.

”Jadi kita silaturahmi sekaligus Pak Jokowi memberikan tips-tips bagaimana agar PSI mencapai target menang Pemilu 2019. Beliau banyak ngasih ide dan seru-seru. Keren-keren idenya,” ujar Ketum PSI Grace Natalie usai bertemu Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (1/3). (dtk/R2)