Connect with us

Sumut

Gempa 5,7 SR Padang Sidempuan Terasa di Padang Sumbar

Published

on

Pusat Gempa Padang Sidempuan

Padang Sidempuan-Geosiar.com, Gempa berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Padangsidempuan, Provinsi Sumatera Utara sekitar pukul 08.35 WIB, Kamis (1/3/2018). Pusat gempa berada di 76 kilometer barat daya Padangsidempuan.

Getaran gempa juga dirasakan sejumlah warga di Kota Padang Sumatera Barat.

Laras, seorang warga Kota Padang mengatakan, getaran gempa memang tidak kuat namun sempat membuat dirinya langsung turun dari lantai dua bangunan tempatnya bekerja. “Kami kaget dan langsung turun ke bawah, khawatir aja,” katanya.

Selain warga Kota Padang, gempa berpusat di barat daya Padangsidempuan tersebut juga ikut dirasakan sejumlah warga di Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar.

Abduh dan Altas, warga Pasaman Barat itu mengatakan getaran gempa pagi hari itu cukup dirasakan warga terutama yang sedang berada di bangunan berlantai. “Iya gempanya cukup berasa dan membuat kami panic,” tutur mereka.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa gempa bumi berkekuatan 5,7 SR tersebut dengan titik koordinat 0.99 Lintang Utara dan 98.70 Bujur Timur dan kedalaman 87 kilometer.

Gempa tak berpotensi tsunami. Hingga berita diturunkan, belum ada laporan kerusakan dan korban atas kejadian gempa tersebut. Informasi gempa susulan dari fenomena alam itu juga belum dilaporkan.

Gempa yang terjadi ini tidak terasa di Medan, ibu kota provinsi yang berjarak tempuk 10 jam dari Padangsidempuan. (Ant/R2)