Connect with us

Sumut

Hinca Panjaitan Diskusi Dengan Warga Karo, Dengar Keluhan Dampak Sinabung

Published

on

Hinca Panjaitan bersama warga Karo berdiskusi soal dampak erupsi Gunung Sinabung

Medan-Geosiar.com, Anggota Komisi III DPR RI Hinca IP Pandjaitan melakukan Reses 2018 dengen menggelar diskusi bersama warga Karo di Sweet Green Coffee Resto, Berastagi Kabupaten Tanah Karo Sumatera Utara, Senin (26/2/2018).

Kegiatan terjun ke masyarakat itu digelar untuk mendengarkan langsung keluahan dari masyarakat. Pembahasan mengenai nasib pengungsi Sinabung menjadi topik utama diskusi, termasuk nasib petani yang terkena dampak erupsi Sinabung.

“Kita mulai rembug bangsa dari sini. Bagaimana nasib pengungsi dan petani akibat letusan Gunung Sinabung. Harus ada langkah dan terobosan baru dari pemerintah, ” ucap Hinca Pandjaitan.

Dalam diskusi yang juga dihadiri kalangan aktivisi, pejuang pers dan budayawan tersebut, Hinca menerima keluhan masyarakat akibat erupsi Gunung Sinabung yang berdampak pada gagal panen dan kerugian bagi masyarakat.

Meminimalisir kerugian, petani mengharapkan adanya bantuan alat penghisap debu atau Blawer. Adanya alat tersebut maka petani bisa membersihkan buah dan sayur dari lapisan debu vulkanik dengan lebih cepat.

Hinca yang juga Sekjen DPP Partai Demokrat itu berjanji akan menyambungkan keluhan masyarakat kepada pemerintah dan mendukung pengadaan bantuan alat Blower pembersih debu vulkanik. “Saya akan sampaikan permintaan ini ke pemerintah. Mudah-mudahan dapat segera direalisasikan,” sambungnya.

Seorang warga yang hadir mengatakan kondisi pemgungsi Sinabung saat ini cukup memprihatinkan. Seperti masalah hunian tetap dimana pemerintah menjadikan lahan mandiri. Hinca mengakui terkait dampak erupsi Gunung Sinabung yang terus menerus memang diperlukan perlakuan khusus dan serius.

Pertemuan itu menghasilkan akan digelarnya Doa bersama pada awal April mendatang. Dalam Doa bersama nanti akan melibatkan tokoh agama dan adat menggelar ritual meminta kepada sang pencipta kiranya menghentikan letusan gunung Sinabung.

Bahkan, saat Doa dan ritual bersama nanti juga akan mengumpulkan serta mempersatukan debu vulkanik dari 9 titik gunung berapi yang ada di Indonesia. Tidak ketinggalan tanah/debu dari gunung Pusuk Buhit turut diambil dan disatukan pada ritual mendatang.

Terkait hal itu, Hinca mendukung penuh pengumpulan debu vulkanik dari 9 titik gunung api termasuk pengambilan tanah dari Pusuk Buhit selaku asal muasal leluhur orang Batak.

Tak ketinggian, sinematografi Karo juga akan membuat film dokumenter Gunung Sinabung. Film itu nanntinya akan diputar bagi masyarakat umum mengetahui untuk pembelajaran kekuatan alam. (Trb/R2)