Connect with us

Dunia

Donald Trump : Bush dan Obama Tak Berbuat Apa-apa Soal Ancaman Korut!

Published

on

Donald Trump dan Barack Obama

Washington DC-Geosiar.com, Presiden Amerika Serikat (AS) membanggakan kepemimpinannya dalam menangani masalah Korea Utara (Korut), dan mengkritik keras pemerintahan para pendahulunya, Presiden George W Bush dan Barack Obama yang dinilai tak berbuat apa-apa soal ancaman Korut.

“Pemerintahan Bush tidak melakukan apapun,” ucap Trump saat berbicara di hadapan para gubernur negara bagian di Gedung Putih, seperti dilansir CNN, Selasa (27/2/2018).

“Pemerintahan Obama ingin melakukan sesuatu. Dia memberitahu saya bahwa ini merupakan masalah tunggal terbesar. Mereka tidak melakukan apapun. Akan jauh lebih mudah pada hari-hari itu dibanding sekarang,” imbuhnya.

Trump lalu membandingkan pemerintahan sebelumnya dengan masa kepemimpinannya. “Kita sudah sangat keras terhadap mereka (Korut-red),” sebut Trump, merujuk pada sanksi terbaru yang dijatuhkan AS terhadap Korut yang bertujuan mengisolasi Korut.

Sebelumnya, pemerintah Trump mengumumkan sanksi-sanksi baru terhadap aset-aset perkapalan terkait Korut, pada Jumat (23/2) lalu. Trump menyebut paket sanksi ini sebagai ‘sanksi terberat’. Sanksi ini masih menjadi bagian dari kampanye ‘tekanan maksimum’ terhadap Korut untuk menghentikan program rudal dan nuklir rezim komunis itu.

Ditemui terpisah, Pemerintah AS melalui Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin menyebut sanksi baru ini menyasar pelayaran dan perdagangan gelap Korut. Sanksi itu menargetkan 56 entitas, 27 perusahaan pelayaran dan perdagangan, 28 kapal, dan satu individu yang tidak disebut namanya. Mereka yang dikenai sanksi memiliki lokasi di banyak tempat, mulai dari Korut ke China hingga Tanzania.

Rentetan sanksi terhadap negara yang dipimpin Kim Jong-un itu hanyalah ‘tahap pertama’.

“Jika sanksi-sanksi tersebut tidak berhasil, kita harus masuk ke tahap dua. Tahap dua mungkin merupakan hal yang sangat berat,” ujar Trump.

Dalam wawancara dengan Reuters beberapa waktu lalu, Trump juga menyalahkan Bush, Obama dan mantan Presiden AS Bill Clinton yang disebutnya gagal menghentikan perkembangan nuklir Korut. (dtk/R2)