Connect with us

Nasional

Presiden Jokowi Ajak Delegasi IMF ‘Blusukan’ ke Pasar Tradisional

Published

on

Presiden RI Joko Widodo

Jakarta-Geosiar.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima delegasi Managing Director International Monetary Fund (IMF) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/2). Pertemuan keduanya dilakukan pada pukul 10.00 WIB dan berlangsung tertutup.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan Gubernur BI Agus Martowardojo.

Sedangkan delegasi IMF yang hadir adalah Managing Director IMF Christine Lagarde, Director Asia Pacific Department IMF Changyong Rhee, Director Communication Department IMF Gerard Thomas Rice, Secretary of the IMF Jianhai Lin, Senior Resident Representative for Indonesia John G Nelmes, dan Division Chief for Indonesia and Asia Pacific Department IMF Luis E Breuer.

Sebelumnya, Lagarde telah pernah berkunjung ke Indonesia, pada Selasa 1 September 2015. Saat itu, Jokowi dan Lagarde membahas pertemuan rutin IMF-Bank Dunia yang akan digelar di Nusa Dua, Bali, pada Oktober 2018.

Setelah selesai, Presiden Jokowi rencananya akan mengajak delegasi IMF tersebut untuk blusukan ke pasar tradisional di Jakarta di antaranya Pasar Mayestik.

Sejatinya hal ini bukan sesuatu yang baru bagi Presiden Jokowi karena dalam beberapa kesempatan sebelumnya juga pernah mengajak tamu-tamunya untuk blusukan ke pasar-pasar tradisional.

Hal ini dilakukan di antaranya karena Jokowi ingin menunjukkan kepada tamu pentingnya terkait upaya dan keseriusan pemerintah dalam menata dan mengelola pasar sekaligus memperhatikan sektor riil di level terbawah. (Tpo/R2)