Connect with us

Sumut

GMKI Cabang Medan Adakan Bakti Sosial dan Pendampingan Anak di Tanah Karo

Published

on

GMKI Cabang Medan menghibur anak-anak di Dusun Sibentun, Beras Tepu, Tanah Karo pada Jumat (23/2/2018)

Medan-GeoSiar.com, GMKI Cabang Medan memberangkatkan 45 orang anggota untuk mengadakan Bakti Sosial dan Pendampingan Anak-anak di Dusun Sibentun, Beras Tepu, Tanah Karo pada Jumat (23/2/2018).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata peran orang muda dalam mewujudkan kepedulian terhadap sesama yang menderita.

Anggota GMKI yang diutus segera berbaur dengan semua anak yang menjadi korban letusan Gunung Sinabung di wilayah SD Negeri 0474 dan SD Negeri 0475 Surbakti, Kecamatan Simpang Empat, pada Sabtu (25/2/2018) pagi.

Tujuan dari kegiatan ini untuk mengurangi rasa trauma yang dialami anak pasca bencana lewat berbagai kegiatan edukasi, rekreasi, dan motivasi.

Diakhir kegiatan, GMKI membagikan alat-alat belajar, bermain, dan perlengkapan sekolah lainnya.

Tak hanya itu, paket bantuan berupa alat-alat tulis, buku bacaan, sabun, jajanan, dan susu turut dibagikan kepada seluruh siswa yang berjumlah 140 orang (73 siswa dari SDN 0474 dan 67 siswa dari SDN 0475).

Dalam kegiatan games, para siswa sangat antusias bahkan hingga meneteskan air mata karena teringat akan maut yang merenggut nyawa kedua orang tuanya ketika terjadi erupsi.

Kegiatan di lanjutkan dengan acara nonton bareng warga di Desa Sibentun yang diikuti oleh 40 anak-anak dan orang dewasa pada malam hari.

Pemutaran film ‘Moana’ memberikan kesan dan pesan tersendiri bagi warga yang menikmatinya.

Koordinator kegiatan, Piki Pardede mengungkapkan tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk mengurangi rasa trauma yang dialami oleh masyarakat terkhusus anak-anak yang rentan terhadap trauma.

“Apalagi peristiwa ini sudah berlarut-larut, sejak 2010 hingga sekarang, dan masyarakat belum semuanya mendapatkan relokasi,” tuturnya.

Seluruh biaya pendanaan yang telah disalurkan merupakan hasi penggalangan dana yang dilakukan oleh Pengurus Komisariat dan anggota di 20 komisariat GMKI Medan.

Melalui kesempatan ini, Piki mewakili GMKI Medan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat dan seluruh civitas perguruan tinggi yang ada di Medan, seperti USU, Unimed, UHN, ITM, Tri Guna Dharma, Universitas Dharma Agung, dan STT Abdi Sabda, yang mempercayakan GMKI Medan sebagai penyalur donasi bagi anak-anak yang terdampak erupsi Gunung Sinabung.

GMKI Medan, berharap kegiatan dapat mengurangi duka lara dan trauma yang dialami oleh warga korban Sinabung terkhusus anak-anak.

“Sedikit banyak bisa memberikan motivasi dan mengurangi beban kecemasan dalam jiwa anak-anak,” pungkasnya.(rel/r1)