Connect with us

Nasional

Resmi! Jokowi Ditetapkan Jadi Capres PDIP di Pilpres 2019

Published

on

Presiden Joko Widodo menghadiri Rakernas PDIP

Jakarta-Geosiar.com, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi kembali mencalonkan Presiden Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Soal pengumuman Jokowi sebagai capres ini dilakukan dalam pembukaan Rakernas III PDIP di Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (23/2/2018). Pembukaan disampaikan secara tertutup.

Namun pengumuman disampaikan oleh sejumlah kader PDIP. Seperti oleh Sekertaris Kabinet Kerja yang juga kader PDIP, Pramono Anung.

“Dalam Rakernas III hari ini @PDI_Perjuangan memutuskan pencalonan @jokowi menjadi calon Presiden utk tahun 2019-2024, Bismillah Menang dan mendapatkan dukungan seluruh rakyat Indonesia #Bant3ngPilihJokowi #T3tapJokowi,” tulis Pramono di Twitter-nya, @pranomoanung.

Hal senada juga disampaikan politisi PDIP, Budiman Sudjamiko. Budiman menyampaikan kabar itu melalui akun twitternya @budimandjatmiko.

“Ketua Umum @PDI_Perjuangan , bu Megawati Soekarnoputri, dlm pembukaan Rakernas ke 3 mengumumkan pencalonan pak @jokowi sebagai presiden Republik Indonesia pd pilpres 2019,” cuit Budiman.

Sebelumnya, Sekretaris Jendral PDI Perjuangan (PDIP Perjuangan) Hasto Kristianto mengatakan dalam Rakernas PDIP kali ini tak akan mendeklarasikan calon presiden dan wakil presiden yang diusung PDIP pada Pilpres 2019 mendatang.

“Rakornas akan membahas hal strategis terkait pelaksanaan pilkada serentak, konsolidasi Partai dalam rangka Pileg dan Pilpres 2019. Tidak pada penyampaian nama atau deklarasi capres dan cawapres yang akan kami usung usai rakernas,” kata Hasto.

Sejauh ini PDIP belum menunjuk siapa calon wakil presiden yang akan mendampingi Jokowi. Namun sejumlah nama sudah mengemuka, antara lain Ketua PPP Romarhumuziy, Ketua PKB Muhaimin Iskandar, dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan. (Dtk/R2)