Connect with us

Nasional

Erupsi Gunung Sinabung, Mensos Turunkan Bansos dan Tagana

Published

on

Menteri Sosial RI Idrus Marham

Jakarta-Geosiar.com, Menteri Sosial Idrus Marham angkat bicara terkait erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Idrus meyakini tak ada kendala terkait penanganan bencana tersebut. Bantuan sosial dan relawan disebut siap diturunkan ke lokasi.

Hal ini disampaikan Idrus di Gedung Kemensos RI, Jalan Salemba Raya, Kenari, Senen, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2017).

“Di sana kan sudah kejadian, ini kan susulan jadi saya punya keyakinan itu tidak ada masalah bagi kita semua, utamanya Kemensos secara fungsional bertanggung jawab masalah itu,” katanya.

Idrus mengatakan pihaknya memiliki Penerapan Standar Operasional (protap) setiap terjadi bencana. Protap tersebut merupakan bentuk respons cepat dari pemerintah. Menurutnya ada tiga langkah yang segera diambil.

“Biasanya langkah yang kita ambil, satu, ini instruksi Bapak Presiden (Presiden Joko Widodo). Pastikan siapapun yang kena dampak sebuah bencana, pastikan semua bisa makan. Jangan sampai tidak ada yang terurusi makannya,” ujarnya.

“Karena itu pasti nanti bansos dari kita itu pasti akan turun. Kemudian yang kedua pasti ada dapur umum ada mobil-mobil yang sudah siap nanti seperti itu,” tambahnya.

Sedangkan yang ketiga, jika ada rumah warga yang rusak, Kemensos juga akan menyiapkan tenda-tenda pengungsian. Selain itum, Kemensos juga memiliki relawan yang siap siaga menangani bencana alam.

“Kemensos punya tenaga yang namanya Tagana (Taruna Siaga Bencana) yang selalu siap mengambil langkah-langkah cepat setiap ada musibah di manapun daerah terjadi,” ujarnya.

Seperti diketahui, pagi ini Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) kembali meletus. Gunung Sinabung mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu 5 kilometer. Selain erupsi, terjadi awan panas guguran. Warga diminta waspada dengan erupsi cukup besar itu. (Dtk/R2)