Connect with us

Sumut

Kepolisian Resor Langkat Terlibat Adu Fisik dengan Pelaku Perampasan Kotak Suara

Published

on

Kepolisian Resor Langkat gagalkan aksi sekelompok masyarakat yang merampok kotak suara pencoblosan di kantor KPU pada Kamis (15/2/2018)

Langkat-GeoSiar.com, Jajaran Kepolisian Resor Langkat berhasil menggagalkan aksi sekelompok masyarakat tak dikenal yang mencoba merampok kotak suara pencoblosan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (15/2/2018).

Aksi kelompok ini sempat membuat kericuhan dan berniat untuk membakar kantor KPU.

Polisi yang terlibat adu fisik dengan para pelaku berhasil menyelamatkan kotak suara dan mengamankan para pelaku.

Simulasi kerusuhan pilkada digelar di lapangan bola Tengku Amir Hamzah, Stabat, Kabupaten Langkat, pada Rabu (14/2/2018).

Kegiatan jelang Pilkada serentak 2018 ini dilakukan pihak kepolisian usai gelar apel bersama dan deklarasi kesepakatan damai.

Turut hadir pimpinan TNI-Polri, Kodim 0203/Langkat, Yon 8 Marinir Tangkahan Lagan, Yon Arhahudse- 11, Yon Raider -100, Brimob, Satpol PP Pemkab Langkat.

KPU Kabupaten Langkat dan Panwaslu Kabupaten Langkat juga turut andil dalam simulasi yang dipersiapkan dengan matang ini.

Kapolres Langkat AKBP Dede Rojudin, dalam arahanya selaku pembina upacara mengungkapkan tujuan dari simulasi ini adalah untuk antisipasi berbagai kemungkinan yang tak diinginkan saat berlangsungnya pilkada pada Juni mendatang.

“Simulasi yang dilakukan adalah sebagai upaya atau antisipasi dari berbagai kemungkinan, kerawanan maupun gangguan yang mungkin dapat terjadi saat berlangsungnya pilkada, namun kita berharap nantinya Pilkada yang berlangsung, terutama saat hari pencoblosan berjalan lancar,” ujar Dede Rojuddin.

Dede berharap Pilkada mendatang dapat berjalan dengan lancar dan kondusif tanpa konflik dan kekerasan.

Olehkarena itu, Dede menghimbau segala unsur instasi terkait yang terlibat dalam pengamanan pilkada dapat bersinergi untuk menjalankan tugas demi terwujudkan keamanan dan ketertiban. Tak lupa, Dede mengajak semua lapisan masyarakat untuk ambil bagian dalam mewujudkan suasana Pilkada Sumut yang jujur, adil dan kondusif. (Smtol/r1)