Connect with us

Nasional

TKI Meninggal di Malaysia Ternyata Bukan Berasal dari Medan

Published

on

TKI yang meninggal di Malaysia

Jakarta-Geosiar.com, Adelina Lisao, tenaga kerja Indonesia (TKI) yang meninggal pada Minggu (11/2/2018) di rumah sakit Penang, Malaysia, ternyata bukan berasal dari Medan, Sumatera Utara, melainkan berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Balai Pelayanan Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Kupang, Siwa mengatakan, Adelina diketahui berasal dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). “Adelin berasal dari Desa Abi, Kecamatan Oenino, Kabupaten TTS,” kata Siwa, Selasa (13/2/2018).

Siwa menegaskan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan keluarga Adelina untuk pengurusan berkas milik Adelina.

Sebelumnya diberitakan, tenaga kerja asal Indonesia yang bekerja di Malaysia, Adelina (21), tidur bersama anjing selama sebulan. Perempuan ini tampak takut merespons saat hendak dievakuasi tim penyelamat.

Di tubuh Adelina terdapat nanah pada bekas luka bakar. Dia meninggal setelah dirawat di rumah di Malaysia. Polisi setempat sedang menyelidiki dugaan pembunuhan terhadap Adelina.

Dari informasi yang diterima, kematian Adelina disebabkan anemia, kekurangan hemoglobin, dan malnutrisi akibat pembiaran yang dilakukan majikan dalam jangka lama. Lalu, ada bekas luka yang tidak diobati yang berakibat menyebabkan kegagalan fungsi organ tubuh.

BNP2TKI akan mengawal pemulangan jenazah Adelina dan memastikan proses hukum terhadap majikannya berjalan sesuai prosedur. (Kps/R2)