Connect with us

Nasional

Seekor Gajah Lampung Mati Ditembak Pemburu Liar

Published

on

Bangkai gajah berjenis kelamin betina di Wilayah III Kuala Penet Kecamatan Braja Selebah, Lampung Timur, Provinsi Lampung pada Senin (12/2/2018)

Lampung Timur-GeoSiar.com, Kapolsek Labuhan Ratu AKP Siswanto mewakili Kapolres Lampung Timur AKBP Yudy Chandra Erlianto dan Rhino Protection Unit (RPU) Balai Taman Nasional Way Kambas menemukan seekor bangkai gajah liar di Wilayah III Kuala Penet Kecamatan Braja Selebah, Lampung Timur, Provinsi Lampung pada Senin (12/2/2018).

“Gajahnya berjenis kelamin betina, usia kira-kira 20 tahun dengan keadaan gigi dan gading tidak ada,” kata Siswanto.

Siswanto menjelaskan gajah betina yang ditemukan tersebut sudah dalam kondisi tak bernyawa dan rebah ke tanah pada Senin (12/2) pagi sekitar pukul 09.58 WIB.

Berdasarkan pemeriksaan polisi, gajah korban penembakan tersebut telah mati selama dua hari.

Dibadan gajah terdapat luka tembak pemburu liar yang berburu di lokasi hutan.

“Di tubuh gajah itu ditemukan luka tembak sebanyak lima lubang di dada samping dan kepala,” ujarnya.

Saat ini, polisi Sektor Labuhan Ratu saat ini tengah menyelidiki untuk mengungkap pembunuh gajah liar yang sangat dilindungi tersebut.

“Polisi berkoordinasi dengan pihak Taman Nasional Way Kambas dan mengumpulkan bahan keterangan dari masyarakat sekitar,” ujar Siswanto.

Perburuan satwa yang dilindungi negara, menurutnya dapat dijerat hukuman pidana penjara dan denda karena melanggar Pasal 21 ayat 2A. (Lpt6/r1)