Connect with us

Nasional

Disiksa dan Dipaksa Tidur Bersama Anjing, TKI Asal Medan Tewas di Malaysia

Published

on

TKI Asal Medan meninggal di Malaysia, diduga dianiaya majikan sendiri

Bukit Mertajam-Geosiar.com, Adelina, seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Medan, Sumatera Utara dikabarkan meninggal dunia di Malaysia. Adelina diduga disiksa oleh sang majikan.

Menurut tetangga, seperti dikutip dari Asia One, Senin (12/2/2018), wanita asal Medan, Indonesia, itu dipaksa tidur dengan anjing jenis Rottweiler di teras selama lebih dari sebulan hingga ditemukan tim penyelamat pada Sabtu 10 Februari 2018.

Sebelumnya, tim penyelamat mendapat laporan dari seorang wartawan mengenai keberadaan Adelina di rumah bertingkat dua di Taman Kota Permai, Penang, Malaysia. Saat ditemukan, Adelina tampak sangat takut merespon kehadiran tim penyelamat. Dia hanya melirik dan menggelengkan kepala. Sementara anjing berwarna hitam yang terikat tali dan berada di samping Adelina terus menyalak kepada petugas.

Meski sudah mendapatkan penanganan, nyawa Adelina tak tertolong. Ia meninggal dunia pada Minggu 11 Februari 2018 di rumah sakit. Majikan dan salah satu kakak tersangka sedang diselidiki atas dugaan pembunuhan.

Salah satu dari tim penyelamat, Por Cheng Han, menuturkan bahwa tetangga mengatakan kepada mereka, Adelina dianiaya lebih dari sebulan dan dipaksa tidur dengan Rottweiler di teras.

“Kami tiba dan melihatnya di teras. Dia tidak menanggapi kami dan hanya menggelengkan kepalanya. Kami berbicara dengan tetangga yang mengatakan bahwa mereka sering mendengar majikan berteriak keras dari dalam rumah,” katanya.

Tim penyelamat kemudian menghubungi Tenaganita, sebuah LSM yang fokus pada perlindungan migran dari pelecehan.

Terkait luka yang diderita Adelina, majikannya mengaku, Adelina tidak sengaja menumpahkan bahan kimia di kaki dan lengannya.

Sebelum relawan dari Tenaganita tiba, majikan memasukkan Adelina ke mobilnya dan membawanya pergi ke luar rumah mereka. Kemudian, mereka memanggil polisi.

“Kami membawa Adelina ke Rumah Sakit Bukit Mertajam, dia meninggal di sana,” kata petugas kepolisian setempat, Nik Ros Azhan Nik Abdul.

Kepolisian setempat menahan majikan Adelina yang berusia 36 tahun dan saudara laki-laki majikannya yang berusia 39 tahun. (Kps/R2)