Connect with us

Sumut

Bupati Rangkul Warga Wujudkan Deliserdang Berseri dan Opung Sari Basa Bang

Published

on

Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan berikan bantuan bedah rumah pada salah seorang warga pada Hari Sampah Nasional tingkat Kabupaten Deliserdang di Kompleks Stadion Baharuddin Siregar, Lubukpakam Kamis (8/2/2018)

Lubuk Pakam-GeoSiar.com, Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan menghadiri peringatan Hari Sampah Nasional tingkat Kabupaten Deliserdang di Kompleks Stadion Baharuddin Siregar, Lubukpakam Kamis (8/2/2018).

Pada acara yang bertema Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah ini, Bupati Ashari memberikan 86 unit rumah yang telah direhab atau dibedah menjadi layak huni untuk masyarakat sekitar.

Adapun pendanaanya dibantu oleh CSR 28 perusahaan yang ada di Deliserdang sebagai wujud bakti kepada masyarakat.

Bupati Ashari juga menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat Deliserdang serta memberikan piala kepada pemenang lomba clean up/pungut sampah Desa/Kelurahan se-Kecamatan Lubuk Pakam.

Masih berkaitan dengan tema untuk melestarikan lingkungan, Bupati Ashari mendukung acara yang diadakan langsung oleh Kadis Lingkungan Hidup Deliserdang, Artini S Marpaung.

Pelaksanaan hari peduli sampah nasional tingkat Kabupaten Deliserdang ini bertujuan memberikan aksesibilitas kepada segenap pemangku kepentingan

Acara dikonsep dengan tak menggunakan tenda, melainkan mengandalkan pepohonan ridang yang ada di lokasi kegiatan.

Dalam kesempatan ini, Bupati Ashari juga memberikan piala pemenang lomba yel-yel gemar mengelola sampah dari sekolah-sekolah Adiwiyata dan sekaligus menyerahkan bibit pohon bantuan dari Lions Club Medan Seruni.

Bibit pohon yang diberikan, merupakan wujud kepedulian untuk mengajak warga khususnya warga lingkungan sekolah turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan.

Ashari berpesan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan karena negeri yang maju menurutnya adalah negeri yang orang‑orangnya berpikiran maju dan peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Saat ini semuanya sedang dihadapkan dengan tantangan yang nyata dalam hal perlindungan lingkungan dan alam. Menata hubungan manusia dengan alam bukan hanya sekedar pengelolaan sumber daya alam untuk tujuan profit manusia semata, akan tetapi semuanya juga harus sadar bahwa lingkungan dan alam juga membutuhkan perlindungan dari manusia. Begitu juga halnya dengan sampah, yang masih menjadi masalah dan perhatian kita bersama,” terangnya.

Peran masyarakat, menurut Bupati Ashari sangat penting dalam menentukan berhasil tidaknya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

“Sebaik apapun program yang kita lakukan tanpa dukungan, kesadaran serta partisipasi dari seluruh masyarakat, itu tidak akan berguna,” katanya.

Bupati Ashari juga mengajak semua masyarakat harus bersatu padu dalam mewujudkan program Deliserdang “Berseri” (bersih, rapi, sejuk, rindang dan indah) serta program “Opung Sari Basa Bang” (Operasi Pungut Sampah Setiap Hari Bang Sampah Pembinaan Berjenjang) demi lingkungan Deli Serdang yang asri, bersih dan lestari. (trbmdn/r1)