Connect with us

Nasional

Menteri Susi Pudjiastuti Lepaskan Tukik ke Samudera Hindia

Published

on

Menteri Susi Pudjiastut temukan sarang tukik di pantai belakang Hotel Pangeran Beach Padang, Sumatera Barat, pada Sabtu (10/2/2018)

Padang-GeoSiar.com, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menemukan sarang tukik alias penyu yang lokasinya persis di pantai belakang Hotel Pangeran Beach di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/2/2018).

Penemuan ini berawal ketika Dirjen Pengelolaan Ruang Laut, Brahmantya Satyamurti, sedang melakukan olahraga pagi rutin di sekitar pantai.

Tak lama setelah itu, dua orang nelayan menghampiri Brahmantya dan memberikan informasi mengenai sarang tukik yang ditemukan di belakang hotel tempat Menteri Susi dan rombongan menginap.

Sehari sebelumnya, Menteri Susi telah meninjau tempat konservasi penyu di Pasir Jambak, sekitar lima kilometer dari Kota Padang.

Menteri Susi yang mendapat kabar, kemudian segera mendatangi lokasi tempat para nelayan menemukan tukik yang baru keluar dari sarangnya.

Setelah diperiksa, terdapat 74 butir telur penyu lekang pemakan ubur-ubur yang baru menetas di dalam sarang.

“Ini menandakan biomassa laut kita terbukti membaik seperti dirilis Universitas Santa Barbara di Amerika Serikat, bahwa biomassa kita naik hampir dua kali lipat,” tutur Menteri Susi.

Menteri Susi kemudian melepaskan anak penyu jenis lekang pemakan segala (omnivora) ke Samudera Hindia.

Redaksi dari Pusat Data Informasi Kementerian Kelautan dan Perikanan segera mencatat hal tersebut.

Setelah melepaskan salah satu spesies langka yang dilindungi tersebut, Menteri berpesan pada manajer hotel untuk membersihkan pantai dari segala sampah.

Menteri juga menyarankan untuk melestarikan penyu dengan mengaktifkan kembali kegiatan budidaya penyu di sekitar pantai tersebut. (rml/r1)