Connect with us

Kriminal

Kecoh Korban, Sindikat Pencopet Berbagi Tugas Sesuai Keahlian

Published

on

ILUSTRASI : Pelaku Copet berbagi tugas sesuai keahlian (sumber:net)

Jakarta-GeoSiar.com, Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil mengamankan komplotan copet yang biasa melakukan aksinya di Jembatan Penyeberangan Umum (JPU) Jalan Sudirman ditangkap, pada Senin (5/2/2018).

Adapun pelaku yang berhasil diamankan yakni Solihin (30), Alex Nocandra (30), dan Febriansyah (39) saat melakukan aksinya di halte busway Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Kasubdit Resmob AKBP, Aris Supriyono menceritakan banyaknya laporan warga yang tak nyaman dengan sindikat pencopet yang kerap menelan korban ini.

“Sudah viral, memang mereka selalu berkelompok dalam beraksi, rata-rata tiga orang yang punya fungsi masing-masing,” kata Aris pada Jumat (9/2/2018).

Ketiga pelaku saat melakukan aksinya sudah terlebih dahulu berbagi tugas saat menjerat korban. Tersangka Alex bertugas mengambil barang dari tas korban, sementara Solihin akan menghalangi korban dan Febriansyah menjadi orang terakhir yang mengamankan barang hasil copetan hingga aman untuk bertemu kembali di lokasi yang sudah di sepekati.

Adapun barang curian yang berhasil diamankan polisi berupa ponsel bermerek iPhone 6 yang dicopet di tangga penyeberangan.

“Setelah sukses, biasanya mereka langsung pergi berpencar, lalu bertemu di lokasi yang sudah ditentukan,” tutur Aris.

Pelaku pencopetan ini tak hanya terdiri dari satu kelompok saja, melainkan sudah tergabung dalam suatu sindikat besar yang biasa beraksi di Tanah Abang.

Target utama yang menjadi sasaran copet adalah ponsel dan tas yang kemudian dijual kembali dengan harga yang miring.

“Kami akan kembangkan, yang pasti ini ada jaringannya, entah dari Tanah Abang atau daerah lain. Kami akan telusuri terus,” pungkasnya. (kps/r1)