Connect with us

Nasional

Hari Pers Nasional, Fadli Zon: Pers Harus Jadi Corong Kepentingan Rakyat, Bukan Alat Pemilik Modal

Published

on

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon

Jakarta-Geosiar.com, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zom menyampaikan pesan untuk para Jurnalis di Hari Pers Nasional, Jumat (9/2/2018). Fadli berpesan agar seluruh insan pers menggunakan media sebagai alat menyuarakan kepentingan rakyat bukan alat kepentingan bagi pemilik modal.

“Selamat Hari Pers, pers harus jadi corong kepentingan rakyat, bukan alat pemilik modal.” Fadli Zon mencuit di akun twitter-nya @fadlizon, Jumat, 9 Januari 2018.

Fadli mengatakan, masalah yang dihadapi pers Indonesia bukan lagi represi, sensor, atau kontrol kekuasaan. Tetapi kendali dan pemihakan dari para pemilik media. “Jadi, jika dulu demokrasi diintervensi oleh pemerintah, maka hari ini demokrasi telah dipermainkan oleh dwifungsi pengusaha-politisi.”

Menurutnya, rangkap posisi antara pemilik media dan politisi telah menyulitkan posisi pers yang berakibat pada sensor terhadap para jurnalis bukan lagi berasal dari kekuasaan, tapi dari para pemilik media. Akibatnya, Pers tak lagi mudah mempertahankan independensinya. Pers akan kehilangan kredibilitasnya sebagai juru terang masyarakat.

Fadli pun mengenang figur-figur jurnalis masa lampau, seperti Mochtar Lubis, Tirtoadisoerjo. Sudah sepatutnya mereka yang menjadi panutan jurnalis masa kini. Seperti Mochtar Lubis disebut sebagai wartawan jihad karena keberaniannya bersikap kritis terhadap kekuasaan. Menurutnya, Mochtar selalu bersikap kritis terhadap pemerintahan Presiden Soekarno maupun pemerintahan Soeharto.

Di hari pers ini, Fadli mengajak tiap insan pers Indonesia untuk mengingat kembali khittahnya.

“Para jurnalis harus kembali ke barak dan menjaga diri terhadap hegemoni kekuasaan. Rekan-rekan jurnalis harus menjaga kehormatan penanya. Karena sesungguhnya pena jurnalis jauh lebih tajam dari sebilah pedang,” tulis Fadli. (Rmol/R2)