Connect with us

Sumut

Wali Kota Medan Akan Tindak Tegas Para Pelanggar Pengemudi Online

Published

on

ILUSTRASI : Taxi Online (sumber:net)

Medan-GeoSiar.com, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin mengungkapkan keoptimisannya untuk menjalankan Permenhub No. 108 tahun 2017 pada saat apel gelar pasukan bersama TNI-Polri di Lapangan Benteng Medan, Selasa (6/2/2018).

Eldin menegaskan akan menjalankan Permenhub yang mulai diberlakukan mulai dari Kamis (1/2/2018) lalu dalam rangka penegakan aturan angkutan berbasis online.

Pemko Medan, menurut Eldin telah mengadakan sosialisasi hingga Kamis (15/2/2018) kepada semua pengemudi taksi online untuk dapat memenuhi standar sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Eldin bernecana akan menindak tegas dalam rangka penertiban terhadap taksi online yang tidak memenuhi syarat setelah proses sosialisasi berakhir.

“Jika ada taksi online yang tidak memenuhi persyaratan maka akan ditindak. Kami akan melaksanakan penertiban simpatik hingga 15 Februari 2018 mendatang sebagai sosialisasi awal,” jelas Eldin pada

Eldin akan mencabutan izin mengemudi bagi para pengemudi yang tak menaati aturan dan sistem yang sudah di sepakati.

“Setelah itu, yakni 16 Februari 2018, masuk periode tindakan. Jika masih ditemukan pelanggaran, akan diberikan sanksi berupa tilang untuk menahan kendaraan dan ancaman mencabut izin surat mengemudi,” tegas Eldin.

Eldin menghimbau agar nantinya setiap pengemudi taksi online memenuhi sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi yakni memasang stiker menandai taksi online, melakukan uji kelaikan kendaraan (KIR), dan memiliki SIM A umum.

Kepada tim penertiban simpatik, Eldin menegaskan agar dapat memahami Permenhub 108 tahun 2018 sehingga dapat mensosialisasikan dengan tepat kepada pengemudi online selama periode simpatik.

“Sampaikan dengan jelas peraturan yang berlaku berikut dengan sanksi yang akan diberlakukan apabila melanggar. Dengan begitu, diharap para pengemudi online dan juga perusahaannya dapat tertib dalam beroperasi. Semoga penertiban nantinya berjalan dengan lancar,” ‎pungkasnya.(mdntdy/r1)