Connect with us

Pilkada 2018

Survei Median : Elaktibilitas ERAMAS Tertinggi, JR-Ance Posisi Buncit

Published

on

Kontestan Pilkada Sumut sedang mengikuti test kesehatan di RS Adam Malik Medan

Jakarta-Geosiar.com, Lembaga Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei tentang popularitas dan elektabilitas kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara. Survei tersebut melibatkan 1.200 responden yang merupakan warga Sumut yang memiliki hak pilih.

Dalam survei yang digelar pada 16-25 Januari 2018 tersebut, sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling. Margin of error dalam survei ini plus-minus 3,4 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden disodori pertanyaan: “Jika pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara dilaksanakan saat ini, dari pasangan tokoh berikut ini, siapakah yang akan Anda pilih?”. Responden diberi daftar pasangan cagub-cawagub, kemudian diminta memilihnya. Hasil jawaban dari pertanyaan tersebut kemudian diolah oleh tim Median.

Setelah diolah, elektabilitas pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajeksyah unggul di posisi atas dengan 33,1 persen. Menyusul pasangan Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus di posisi 2 dengan elektabilitas 19,2 persen. Sedangkan diposisi terakhir diisi duet JR Saragih-Ance Selian dengan tingkat keterpilihan 10,5 persen.

“Undecided (belum menentukan pilihan) 37,2 persen,” kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/2/2018).

Hasi survei Median juga menunjukkan popularitas Edy Rahmayadi menempati posisi teratas dengan 74,5 persen, disusul Djarot Saiful Hidayat (72,1 persen), JR Saragih (59,8 persen), Musa Rajekshah (35,5 persen), Sihar PH Sitorus (16,9 persen), dan Ance Selian (7,0 persen).

Pilkada Sumut diikuti tiga pasangan calon, yakni pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajeksyah yang diusung Golkar, Gerindra, Nasdem, Hanura, PKS dan Pan.

Kemudian Pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus yang diusung PDIP dan PPP, serta pasangan JR Saragih-Ance Selian yang diusung Partai Demokrat, PKB, dan PKPI. (Dtk/R2)