Connect with us

Dunia

Paus Fransiskus Berikan Medali Perunggu Malaikat pada Presiden Turki

Published

on

Paus Fransiskus berikan hadiah perdamaian pada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Vatikan, pada Senin (5/2/2018).

Vatikan-GeoSiar.com, Pemimpin Gereja Katolik Roma Paus Fransiskus memberikan simbol perdamaian sebagai hadiah kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pertemuan di Vatikan, pada Senin (5/2/2018).

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama seorang presiden Turki ke Vatikan dalam kurun waktu 60 tahun.

Sementara, pasukan Turki terus melakukan serangan militer terhadap orang Kurdi di Suriah, Paus dan pemimpin Turki mengadakan perundingan.

Ketika pertemuan kedua negara berlangsung, terjadi aksi unjuk rasa di dekat Vatikan terutama mereka yang memprotes serangan kepada kaum Kurdi yang dilakukan oleh pemerintah Turki.

Serangan tersebut berujung bentrok dan menimbulkan kerusuhan.

Pertemuan tersebut berlangsung tertutup selama 50 menit untuk membahas situasi di Suriah dan juga pengungsi di Timur Tengah.

Tak hanya itu, Paus dan Presiden Turki turut membahas keputusan pemerintah Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel yang sama-sama ditentang Vatikan dan Turki.

Diakhir pertemuan, Paus memberi Erdogan sebuah medali perunggu yang menunjukkan seorang malaikat yang merangkul dunia saat bertarung dengan seekor naga.

“Inilah malaikat damai yang mencekik setan perang,” kata Paus kepada Erdogan.

Sembari memberikan medali tersebut, Paus menjelaskan makna dan harapan tersirat di balik simbol tersebut.

Erdogan “Ini adalah simbol dunia yang didasarkan pada perdamaian dan keadilan,” pungkasnya seperti dimuat Telegraph.(rml/r1)